Unik, Peternak Ini Tempelkan Headset Virtual ke Sapinya agar Hasilkan Lebih Banyak Susu

Ilustrasi sapi (Pexels)

Editor: Dera - Jumat, 7 Januari 2022 | 13:40 WIB

Sariagri - Terinspirasi oleh praktik serupa di Rusia, Izzet Koçak memasang headset virtual reality (VR) atau realitas virtual ke sapi-sapinya, kemudian mengangkutnya ke padang rumput virtual yang selalu hijau dalam upaya untuk meningkatkan hasil susu dan itu berhasil.

Peternak yang mendirikan bisnisnya pada tahun 2018 di Provinsi Aksaray, Turki tengah ini secara ambisius bekerja untuk meningkatkan hasil susu dari 180 ekor sapi miliknya.

Dia pertama kali memulai dengan memainkan musik klasik untuk hewan, sesuatu yang digunakan oleh beberapa peternak untuk memberikan suasana yang tenang. Saat ini, dia bermain-main dengan headset VR pada dua ekor sapinya.

“Kami mencari cara alternatif untuk meningkatkan hasil, karena harga jerami meningkat. Saya mendengar mereka menggunakan headset ini di Rusia dan memutuskan untuk mencobanya di sini. Saya mengamati mereka selama sepuluh hari dan menemukan bahwa kualitas dan jumlah susu meningkat, ”katanya kepada Anadolu Agency (AA).

Baca Juga: Unik, Peternak Ini Tempelkan Headset Virtual ke Sapinya agar Hasilkan Lebih Banyak Susu
Agroeduwisata Cibugary, Peternakan Sapi Perah di Tengah Padatnya Jakarta

“Kami biasanya memproduksi 22 liter susu setiap hari. Rata-rata jumlah susu dari dua ekor sapi dengan headset kini mencapai 27 liter. Mereka menonton padang rumput hijau dan itu memberi mereka dorongan emosional. Stres mereka berkurang sekarang,” Koçak menjelaskan,

Koçak sekarang telah memesan 10 headset lagi untuk mencoba ke lebih banyak sapi.

“Mereka menggunakan headset di Rusia untuk kedua mata, tetapi kami hanya menutup satu mata hewan itu untuk bereksperimen tentang dampaknya. Sambil memakai headset, mereka juga mendengarkan musik klasik,” ujarnya. 

Video Terkait