Kenapa Semut Suka Mengerubungi Makanan?

Ilustrasi semut. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Jumat, 7 Januari 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Meja makan biasanya menjadi surga makanan untuk semut. Secara berkelompok, semut akan menghampiri makanan-makanan yang tersaji.

Semut memang biasanya akan datang ketika ada makanan yang manis. Namun mereka juga suka memakan makanan lainnya.

Tentu saja hal tersebut membuat banyak orang terganggu dengan kehadiran semut. Bagaimana tidak, sudah lelah memasak tapi rusak karena semut.

Lantas, kenapa semut suka mengerubuti makanan? Dilansir dari sejumlah sumber, semut memiliki radar yang sensitif terhadap sumber glukosa dan fruktosa.

Tergolong sebagai serangga yang aktif, semut membutuhkan makanan manis untuk energi. Zat gula yang mereka dapatkan akan diubah menjadi energi baru.

Semut tidak hanya memakan makanan yang manis. Bahkan air putih juga akan dikerubuti oleh serangga ini.

Makanan dibutuhkan semut untuk menjadi bahan bakar tubuhnya. Semut tetap membutuhkan protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang berbeda-beda.

Baca Juga: Kenapa Semut Suka Mengerubungi Makanan?
Bisakah Makanan Anjing Dikonsumsi Kucing? Ini Penjelasannya

Ketika semut tidak mendapatkan makanan yang manis, mereka akan mencari sumber makanan lain untuk energi.

Sebenarnya, semut bukan suka dengan rasa manis tetapi mereka menyukai proteinnya. Kandungan protein ini dibutuhkan semut untuk memberi makan telur dan larva yang mereka hasilkan.

Cara kerja semut pun terbilang unik. Saat seekor semut menemukan makanan, dia akan meninggalkan zat feromon yang memiliki bau khas. Setelah itu, semut akan kembali ke sarang untuk memanggil teman-temannya ke tempat makanan tersebut.

Video Terkait