Mampu Raup Omzet Ratusan Juta, Budidaya Iguana dan Kura-kura Miliki Prospek

Galuh Chirstianto (26 tahun) milenial asal Solo, Jawa Tengah sedari kecil berkecimpung di dunia reptil. (Dok. Pribadi)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Rabu, 5 Januari 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Galuh Chirstianto (26 tahun) milenial asal Solo, Jawa Tengah sedari kecil berkecimpung di dunia reptil yaitu Iguana dan Kura-kura Brasil. Kini dirinya pun sukses beternak reptil itu dengan mendapatkan omzet hingga ratusan juta per tahunnya.

Galuh menyebutkan bahwa setiap bulannya dia bisa mengumpulkan minimal 200 butir telur kura-kura brasil. Di mana harga jual kura-kura yang baru menetas berkisar antara Rp20 ribu – Rp100 ribu.

“Di kandang juga ada (iguana) leopard gecko, yang satu tahun bisa menghasilkan 300 telur setahun dari 70 induk dengan nilai baby gecko per ekor Rp50 ribu - Rp200 ribu. Untuk iguana juga musiman, untuk sementara indukan betina 20 ekoran, satu induk bertelur 20-50 butir dengan harga anakan Rp150 ribu - Rp200 ribu,” ujarnya saat dihubungi Sariagri, Rabu (5/1).

Dia mengatakan iguana hanya mampu mengandung satu tahun satu kali, dengan masa kehamilan dua bulan ditambah dengan masa penetasan telur kurang lebih tiga bulan. Dikatakannya, untuk jenis iguana yang banyak dicari konsumen yaitu red igauana dan green iguana, di mana setelah bayi iguana berumur dua minggu dan sudah bisa makan artinya sudah siap dijual.

Untuk kura-kura, lanjut dia, yang paling banyak dicari yaitu kura-kura brasil, hal tersebut menurutnya harga jualnya yang cukup murah dimana harga kura-kura tersebut berkisar Rp25 ribu. Galuh menyebutkan omzet peternakan reptilnya tersebut dalam setahun kurang lebih mencapai Rp100 juta.

“Untuk kura yang paling laku Brasil karena murah per ekor Rp25 ribu, beli lima (ekor) harga Rp 100 ribu. (Omset per tahun) ya mungkin kurang lebih Rp100 jutaan,” tandasnya.

Baca Juga: Mampu Raup Omzet Ratusan Juta, Budidaya Iguana dan Kura-kura Miliki Prospek
Milenial Asal Solo Ini Sukses Ternak Iguna dan Kura-kura

Galuh menambahkan dalam beternak reptil khususnya iguana dan kura-kura, hal yang paling penting untuk diperhatikan yaitu kebersihan kandang. Untuk pakan sendiri, kata dia, perlu diberikanan makanan yang bergizi, vitamin, dan kelembapan suhu dalam kandang.

“Jaga kebersihan kandang, pakan yang bergizi ikan untuk kura dan pepaya atau buah-buahan lain untuk selingan pakan iguana, kelembapan kandang untuk iguana tidak boleh terlalu tinggi, dan tambahan vitamin,” pungkasnya.

Video Terkait