Bagaimana Cara Kuda Tidur Sambil Berdiri? Ini Penjelasannya

Ilustrasi kuda. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Selasa, 4 Januari 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Tahukah kamu, jika kuda akan tertidur di siang hari dengan posisi berdiri tegak. Matanya terpejam dan kepala tertunduk sedikit. Tetapi, setelah beberapa menit, ia membuka matanya kembali.

Para peneliti yang mempelajari tidur kuda mengatakan secara garis besar, ada dua jenis tidur yaitu tidur gelombang lambat (SWS) dan tidur REM (kadang juga disebut tidur paradoksikal).

Kuda, seperti banyak mamalia lainnya, berbaring dan meringkuk untuk tidur yang nyenyak. Paling sering diamati pada malam hari, ketika gelap dan suhu lebih dingin. Ini adalah tidur REM yang lebih dalam. Otot-otot kuda mengendur dan gelombang otak memberi kuda itu istirahat total. Tidur ini bisa berlangsung sekitar 2 sampai 3 jam atau bahkan beberapa menit tergantung kuda dan sekitarnya.

Tidur gelombang lambat, seperti namanya, adalah saat gelombang otak lambat (dan teratur). Meskipun cepat, hal tersebut sebenarnya mirip dengan tertidur untuk waktu yang singkat. Pada dasarnya, kuda yang tertidur di siang hari hanya untuk memenuhi kuota tidur yang dibutuhkan. Kuda sendiri diketahui dalam satu hari membutuhkan tidur sekitar 2 hingga 5 jam per hari.

Kuda melakukan tidur gelombang lambat mereka tidak seperti tidur siang yang panjang, tetapi, sebaliknya, seperti karyawan yang terlalu banyak bekerja dalam sebuah perusahaan dengan tenggat waktu yang sedikit dan tumpukan pekerjaan yang harus diselesaikan, dalam ledakan singkat di tengah hari. Inilah saat perilaku berdiri kuda yang unik berperan.

Lantas, Apa Alasan Kuda Tidur Berdiri?

Secara harfiah, kuda merupakan hewan liar yang hidup di alam bebas dan sering menjadi mangsa predator. Jika kuda tertidur dalam posisi terbaring meski dalam waktu sebentar, akan meningkatkan resiko tertangkap oleh mangsa. Berdiri saat tidur siang memungkinkan kuda untuk beristirahat sambil bersiap melarikan diri dari bahaya dengan cepat.

Kuda dalam kawanan tidak semua tidur pada waktu yang sama. Satu atau dua kuda akan tetap terjaga, waspada terhadap pemangsa potensial atau tanda bahaya lainnya. Di kandang, tidak ada banyak bahaya pemangsa, namun perilakunya tetap ada.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kuda Tidur Sambil Berdiri? Ini Penjelasannya
Musisi Ini Memainkan Piano Hibur Gajah Di Penangkaran Jadi Sorotan Dunia

Tubuh kuda memiliki fitur yang membantunya tidur saat berdiri dengan alat penahan. Alat penahan adalah sekelompok otot, tendon, dan ligamen di kaki belakang kuda yang memungkinkannya untuk tetap berdiri tanpa usaha terus-menerus.

Ketika kuda mulai tidur, mereka menggunakan aparatus tetap dengan menekuk salah satu kaki mereka, katakanlah kaki belakang, di lutut dan "mengunci" itu. Tiga kaki lainnya membawa beban kuda saat tertidur. Setelah beberapa waktu, kuda akan menggeser beratnya pada kaki lain untuk mencegah kelelahan.

Video Terkait