Kualitas Terbaik di Dunia, Eksportir Baru Kirim Sarang Burung Walet Rp10 Miliar ke Cina

PT AWI eksportir baru SBW, tutup tahun dengan lakukan ekspor ke Tiongkok.(Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 4 Januari 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Ekspor sarang burung walet (SBW) sepanjang tahun 2021 menunjukkan kemajuan yang signifikan. Di penghujung tahun 2021, ekspor SBW kembali dilakukan dengan negara tujuan Cina.

Pada akhir Desember 2021, PT. AWI mengekspor SBW total 505,1 kilogram senilai Rp10 miliar diberangkatkan ke Cina yang terbagi dalam empat kali pengiriman. Sementara tujuan pengiriman SBW dibagi ke berbagai wilayah Cina di antaranya Kota Guangzhou, Shenzen dan Shanghai.

"PT. AWI merupakan eksportir baru untuk sarang walet tujuan Tiongkok. Harapan kami, keberhasilan perusahaan-perusahaan baru ini, menjadi peluang peningkatan ekonomi negara sampai ke tingkat petani," ujar Koordinator Karantina Hewan, Karantina Pertanian Soekarno Hatta seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Selasa (4/1/2022).

Betty mengungkapkan kebutuhan Cina akan sarang walet diperkirakan lebih dari 200 ton per tahun. Dia menyebutkan 40 persen dari jumlah itu berasal dari Tanah Air, terlebih negara itu mengakui SBW Indonesia memiliki kualitas terbaik di dunia.

Baca Juga: Kualitas Terbaik di Dunia, Eksportir Baru Kirim Sarang Burung Walet Rp10 Miliar ke Cina
Dikenal Sebagai Penghasil Cuan, Burung Walet Bisa Sebabkan Penyakit

“Sarang dari burung walet atau Collocalia sp dari Indonesia, diakui konsumen Tiongkok memiliki kualitas terbaik di dunia dan sangat berkhasiat bagi kesehatan, kami selaku karantina melakukan pemeriksaan sebelum ekspor dan akan selalu membantu mengawal pemenuhan persyaratan teknisnya," tandasnya.

Tahun ini ekspor SBW diharapkan bisa terus ditingkatkan, apalagi dengan adanya tambahan lima perusahaan Indonesia yang diresmikan Cina sebagai eksportir SBW khusus negara itu.

Video terkait:

Video Terkait