Tidak Hanya Manusia, Hewan Ternyata Juga Bisa Bersin Lho

Kisah pria yang menyelamatkan hewan terlantar dan sakit. (boredpanda via mertakkoek)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 3 Januari 2022 | 15:10 WIB

Sariagri - Kita semua mungkin sudah tidak terkejut lagi jika melihat atau mendengar manusia bersin dengan suara yang keras. Namun, pernah tidak SobatAgri mendengar hewan bersin? Bersin hewan mungkin tidak seperti manusia yang terdengar kencang dan ada hembusan anginnya, kecuali jika itu berasal dari gajah.

Bersin pada hewan merupakan refleks terhadap respon iritasi di saluran hidung bagian atas, seringkali pada lapisan lendir saluran hidung. Bersin inilah cara mereka membersihkan iritasi dari saluran pernapasan dengan tanpa sadar meniup udara dari paru-paru melalui hidung dan mulut.

Debu, serbuk sari, lendir atau halangan lainnya dapat mengiritasi saluran hidung. Selain itu, bau kuat yang mengiritasi hidung, alergi, infeksi, parasit hidung kecil yang dikenal sebagai tungau hidung, atau bahkan perubahan kondisi eksternal, seperti penurunan suhu yang tiba-tiba atau paparan cahaya terang, dapat menyebabkan hewan bersin.

Lalu, Apakah Semua Hewan Bisa Bersin?


Kamu mungkin sudah tidak asing lagi jika melihat hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci, dan marmut melakukannya. Banyak hewan lain yang sebenarnya juga dapat melakukan bersin seperti panda, harimau, beruang, reptil, kuda dan gajah.

Sebagai contoh kucing, biasanya kucing bersin karena flu kucing yang disebabkan oleh virus. Feline herpesvirus tipe 1 (FHV-1) atau Feline calicivirus (FCV) adalah penyebab utama flu kucing. 

Beberapa anjing memiliki kondisi yang dikenal sebagai bersin terbalik (reverse sneeze) atau respirasi paroksismal. Dalam kondisi ini, anjing mengeluarkan suara mendengus, mencoba menarik napas sambil bersin.

Ini terjadi ketika seekor anjing dengan cepat menarik udara ke dalam hidungnya. Kondisi ini mungkin tampak menakutkan, tetapi umum terjadi pada anjing dan tidak memiliki efek buruk pada kesehatan mereka. Penyebab pastinya masih belum diketahui, tetapi iritasi pada hidung dapat memicu bersin terbalik ini.

Uniknya, para peneliti menemukan bahwa semakin banyak bersin yang dilakukan oleh anjing liar Afrika, maka semakin besar kemungkinan anjing dikirim untuk berburu. Menariknya, kebanyakan hewan tidak bisa bersin saat tidur. Hewan hanya akan bersin jika ada iritasi yang cukup untuk menyebabkan rangsangan bersin.

Sekarang, bagaimana hewan yang hidup di udara? bisakah mereka bersin juga?

Baca Juga: Tidak Hanya Manusia, Hewan Ternyata Juga Bisa Bersin Lho
Mudah Banget! Begini Cara Menghilangkan Kerak Hitam di Hidung Kucing


Burung, sama seperti hewan lainnya, mampu bersin. Iritan seperti debu, asap rokok, asap kendaraan, debu halus, infeksi bakteri atau jamur dan kekurangan vitamin A semuanya dapat menyebabkan bersin pada burung. 

Hal normal bagi burung untuk bersin, tetapi jika disertai dengan hidung yang basah, itu bisa menjadi penyebab kekhawatiran. Keputihan yang basah merupakan gejala infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, parasit atau malnutrisi.

Video Terkait