Dikenal Sebagai Penghasil Cuan, Burung Walet Bisa Sebabkan Penyakit

Sarang burung walet.(Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Nazarudin - Senin, 3 Januari 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Burung walet dikenal sebagai pembawa cuan jika dibudidayakan dengan benar. Bagaimana tidak, sarang burung walet yang terbuat dari liur burung itu dapat dihargai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Sarang burung walet dipercaya dapat menyembuhkan penyakit paru-paru, panas dalam, melancarkan peredaran darah dan penambah tenaga. Selain itu sarang burung walet memiliki daya pembugar tubuh dan kandungan 9 octadecenoic acid.

Dilansir dari laman Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, letak kandang tidak sesuai aturan dapat menyebabkan penyakit yang menyerang otak dan syaraf. Menurut peneliti burung dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mas Nurjito, penyakit itu disebarkan melalui air liur, napas dan kotoran walet. Seseorang yang terkena virus dari burung walet biasanya akan merasa pusing, lemas, dan lelah. Akibatnya akan berbahaya jika virus itu menyerang syaraf bisa menyebabkan kelumpuhan.

Nurjito mengatakan untuk menghindari penyakit itu, sebaiknya pengembangan sarang burung walet dilakukan di dataran rendah dengan ketinggian maksimum 1000 m dpl. Daerah itu juga harus jauh dari jangkauan pengaruh kemajuan teknologi dan permukiman warga.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Penghasil Cuan, Burung Walet Bisa Sebabkan Penyakit
Kenapa Harga Sarang Burung Walet Mahal?

Untuk menjaga keamanan burung walet, sarangnya harus jauh dari gangguan burung pemakan daging. Idealnya, budidaya sarang burung walet dilakukan di areal persawahan, padang rumput, hutan terbuka, pantai, danau, sungai dan rawa-rawa.

Sayangnya, lanjut dia, masih banyak peternak membudidayakan sarang burung walet di tengah permukiman. Bahkan, dia mengaku pernah menemukan satu keluarga hidup satu rumah dengan tempat budidaya sarang burung walet di rumah tiga lantai. Lantai satu rumah untuk keluarga sedangkan lantai dua dan tiga untuk budidaya burung walet.

Video terkait:

Video Terkait