14 Spesies Curut Baru di Sulawesi Berhasil Diidentifikasi

Ilustrasi - Spesies curut. (wikimedia.org)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 27 Desember 2021 | 13:30 WIB

Sariagri - Curut (Crocidura) merupakan kerabat dekat tikus yang memiliki ciri hidung runcing dan ukuran tubuh lebih kecil. Hewan ini biasa disebut sebagai tikus bergigi putih atau tikus kesturi.

Penelitian ahli biologi Jake Esselstyn dan rekannya dari Louisiana State University baru-baru ini telah mengidentifikasi 14 spesies baru curut di Pulau Sulawesi. Menurut peneliti, tujuh dari genus yang ditemukan sebelumnya telah diketahui.

“Ada begitu banyak dan beberapa terlihat sangat mirip sehingga kami mulai mencari kata-kata Latin yang berarti untuk curut itu,” ujar Esselstyn dikutip phys.org.

Esselstyn memimpin satu dekade perjalanan ke Pulau Sulawesi untuk mengumpulkan hewan yang merupakan kerabat landak dan tikus tanah. Semua hewan yang dikumpulkan beratnya kurang dari baterai AA, sekitar 3 gram lebih dari sepersepuluh ons, atau sekitar berat bola pingpong 24 gram (0,85 ons).

Spesies curut terbesar memiliki tubuh rata-rata 95 milimeter atau sekitar 3,7 inci panjangnya. Pada awalnya, dia berharap dapat menjelaskan bagaimana enam spesies yang kemudian dikenal dalam genus Crocidura berkembang.

“Saya tertarik dengan pertanyaan tentang bagaimana curut berinteraksi dengan lingkungannya, satu sama lain, bagaimana komunitas lokal terbentuk,” katanya.

Tapi dia segera menyadari spesies curut telah sangat diremehkan.

"Itu luar biasa karena selama beberapa tahun pertama, kami tidak dapat mengetahui berapa banyak spesies yang ada," katanya.

Menurut Esselstyn, lima spesies curut telah diidentifikasi pada tahun 1921. Tikus keenam diidentifikasi pada tahun 1995 dan spesies ketujuh, tikus berekor berbulu pada tahun 2019.

Tim Esselstyn memeriksa 1.368 curut, lebih dari 90 persen di antaranya dikumpulkan dengan cara menjebak hewan di 12 situs pegunungan dan dua di dataran rendah Sulawesi.

Dia meyakini, bentuk Pulau Sulawesi yang agak aneh menyerupai huruf K dengan bagian atas batang ditekuk tajam ke arah timur telah berkontribusi pada keanekaragaman spesies hewan.

"Ada batas-batas konsisten antara spesies. Apakah Anda sedang melihat katak atau kera atau curut. Ini menunjukkan semacam mekanisme lingkungan bersama," jelasnya.

Para peneliti telah menemukan setidaknya tujuh zona seperti itu, yaitu pada masa pusat pulau, tiga "kaki" K, dan tiga zona di leher panjang Pulau Sulawesi yang bengkok.