Ampas Bir Pakan Bernutrisi Tinggi untuk Penggemukkan Hewan Ternak

Ilustrasi gambar Ampas Bir. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 24 Desember 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Pakan menjadi komponen utama dalam dunia peternakan, pemilihan bahan yang tepat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang hewan ternak itu sendiri. Seperti pakan konsentrat, yang memiliki nutrisi tinggi untuk hewan ternak.

Kali ini Sariagri akan mengulas terkait bahan baku pembuatan pakan konsentrat, untuk hewan ternak sapi, di mana bahan bakunya berasal dari ampas pembuatan bir.

Peternak sekaligus mentor Sapi Bagus Farm, Edy Wijayanto menjelaskan bahwa ampas gandum atau ampas pembuatan bir merupakan salah satu bahan pembuatan pakan konsentrat dengan nutrisi yang tinggi, dan harganya pun relatif lebih murah.

“Ampas gandum atau ampas bir adalah sisa samping atau limbah pemrosesan pabrik bir dengan bahan baku utama gandum. Gandum tersebut itu diproses dalam bentuk fermentasi kemudian diambil airnya dan menghasilkan sisa atau ampas bir,” ujarnya seperti dikutip dari Channel Youtube Sapibagus TV, Jumat (24/12/2021).

Edy mengungkapkan bahwa gandum memiliki kandungan protein, serat kasar, dan memiliki TDN (sistem asupan energi pada ternak ruminansia) yang cukup tinggi. Melaui proses fermentasi, lanjut dia, maka akan menaikan kandungan-kandungan yang ada pada ampas gandum tersebut.

“Berdasarkan literatur, kandungan ampas bir ini proteinnya hampir 30 persen. Selain kandungan protein, ampas bir juga memiliki kandungan serat kasar hampir 20 persen. Konsentrat sangat memerlukan kandungan serat atau fiber supaya sapi menghasilkan gading berkualitas,” ungkapnya.

Ampas bir, lanjut Edy, juga memiliki kandungan kalsium yang membantu menguatkan tulang sapi dalam masa pertumbuhan. Namun, dia menyebutkan bahwa kelemahan dari ampas bir yaitu memiliki kandungan air yang cukup tinggi mencapai 75 persen.

Baca Juga: Ampas Bir Pakan Bernutrisi Tinggi untuk Penggemukkan Hewan Ternak
Wow! Petani Muda Ini Bisa Tumbuhkan Tanaman Pakan Ternak Hanya dalam Tujuh Hari

“Yang fantastis dari ampas bir ini adalah Total Digestible Nutrients (TDN). TDN adalah kemampuan bahan tersebut diserap oleh rumen atau pencernaan sapi, jadi daya cernanya cukup tinggi. Artinya, apabila ampas bir dikonsumsi oleh sapi maka itu akan diserap sekitar 70 persen dan sisanya 30 persen akan terbuang dalam bentuk kotoran sapi,” jelasnya.

Edy menambahkan bahwa jika ampas bir digunakan secara rutin kepada ternak sapi, domba, dan kambing maka akan efektif untuk proses penggemukan atau menghasilkan susu perah. Dikatakannya, ampas bir bisa diberikan selain untuk konsentrat atau campuran juga dapat langsung diberikan ke hewan ternak.

 

Video Terkait