Kenapa Harga Sarang Burung Walet Mahal?

Produk sarang burung walet Indonesia (Barantan)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 24 Desember 2021 | 14:50 WIB

Sariagri - Harga sarang burung walet yang fantastis pasti sudah familiar di masyarakat. Tidak heran jika terdapat orang-orang yang ingin membudidayakannya.

Kenapa ya harga sarang burung walet mahal? Dilansir dari berbagai sumber, sarang burung walet terbuat dari air liur burung tersebut.

Cukup berbeda dengan sarang burung biasa yang menggunakan daun dan ranting pohon. Ketika dibuat menjadi sarang, air liur itu akan membentuk gumpalan.

Hal tersebut yang selama ini diincar oleh masyarakat. Ketika dipanen, sarang burung walet seperti kering. Namun saat diolah menjadi masakan, sarang burung ini akan berbentuk kenyal seperti agar-agar.

Salah satu alasan mahalnya harga sarang burung walet adalah proses pengambilannya yang cukup membahayakan. Biasanya, sarang burung walet akan ditemui di dalam gua kapur. Oleh sebab seseorang membutuhkan keterampilan dan peralatan khusus ketika mengambilnya.

Pembersihan sarang burung walet juga cukup memakan waktu dan tenaga. Delapan jam merupakan lama waktu pembersihan untuk sepuluh sarang burung walet.

Saat ini karena banyak yang membudidayakan sarang burung walet, biasanya mereka menggunakan bangunan dengan tinggi lima sampai enam meter tanpa langit-langit. 

Selain itu, khasiat kesehatan sarang burung walet juga menjadi alasan lainnya kenapa harganya begitu mahal. Sarang burung walet memiliki kandungan glikoprotein sebesar 62-63 persen yang cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemudian, sarang burung walet berguna untuk mempercepat pemulihan luka, menjaga dan meningkatkan daya kesehatan lansia dan suplemen yang bagus untuk anak-anak. Selain glikoprotein, sarang burung walet mengandung protein, asam amino dan mineral.

Harga jual sarang burung walet biasanya belasan hingga puluhan juta per kilogram. Harganya cukup bervariasi tergantung jenisnya seperti sarang walet jenis mangkok yang mencapai Rp13 juta per kilogram. Sedangkan harga burung walet jenis sudut mencapai Rp9 juta per kilogram dan sarang burung walet jenis patahan mencapai Rp8 juta per kilogram. Variasi harga tergantung pada jenis dan daerahnya.

Video Terkait



Baca Juga: Kenapa Harga Sarang Burung Walet Mahal?
Jual Motornya untuk Modal Usaha, Pria Ini Sukses Ternak Burung Murai Batu dengan Omzet Jutaan Rupiah