Flu Burung Merebak di Inggris, Kepala Veteriner Minta Para Peternak Lakukan Tindakan Pencegahan

Ilustrasi petugas peternakan di Inggris. (Farm UK)

Editor: M Kautsar - Kamis, 23 Desember 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Kepala petugas veteriner Inggris Christine Middlemiss memperingatkan para peternak unggas untuk meningkatkan langkah-langkah biosekuriti untuk menghentikan penyebaran flu burung. Peringatan itu muncul saat Inggris menghadapi wabah flu burung terbesar, dimana sejak awal Novembet lebih dari 60 kasus dikonfirmasi di seluruh negeri.

Dalam pernyataannya baru-baru ini, Christine Middlemiss memperingatkan bahwa pemelihara unggas dan petani berisiko kehilangan ternak jika mereka tidak mengambil tindakan. Ia mengatakan jika sumber utama infeksi berasal dari burung liar yang bermigrasi. Apabila peternak gagal  menerapkan tindakan pencegahan, ancaman flu burung masuk peternakan semakin besar.

"Kami melihat peningkatan jumlah kasus flu burung baik di peternakan komersial dan di halaman belakang unggas di seluruh negeri," kata Christine, seperti dilansir Farming UK.

"Banyak pemelihara unggas memiliki standar biosekuriti yang sangat baik tetapi jumlah kasus yang kami lihat menunjukkan bahwa tidak cukup dilakukan untuk mencegah flu burung. Apakah kamu hanya memelihara beberapa atau ribuan burung, kamu harus mengambil tindakan sekarang untuk melindungi burung kamu dari penyakit yang sangat menular ini," tambahnya.

Untuk membantu mengurangi penyebaran penyakit, pemerintah Inggris juga telah menerapkan sejumlah prosedur pencegahan. Para peternak dan petani unggas diantaranya dihimbau untuk memasukan semua ternak dalam kandang agar terpisah dari burung liar.

Para peternak juga diminta membersihkan dan mendisinfeksi pakaian, peralatan dan kendaraan sebelum dan sesudah kontak dengan unggas dan burung penangkaran. Jika memungkinkan, mereka juga diimbau mengganti alas kaki mereka sebelum memasuki kandang yang menampung unggas dan burung penangkaran.

Baca Juga: Flu Burung Merebak di Inggris, Kepala Veteriner Minta Para Peternak Lakukan Tindakan Pencegahan
Flu Burung Kembali Menyebar di Uni Eropa dan Asia, Peternak Unggas Resah



Selain itu, para mereka juga disarankan mengurangi pergerakan orang, kendaraan atau peralatan ke dan dari area di mana unggas dan burung penangkaran dipelihara, serta membersihkan dan mendisinfeksi kandang secara menyeluruh. Para petani juga diminta meminimalkan kontak langsung dan tidak langsung antara unggas dan burung penangkaran dan burung liar, termasuk memastikan semua pakan dan air tidak dapat diakses oleh burung liar.

Pemelihara unggas juga harus waspada terhadap tanda-tanda penyakit pada burung mereka dan burung liar lainnya, dan segera melaporkan ke dokter hewan jika menemukan tanda-tanda tersebut.

Video Terkait