Berbagi Bantuan, Komunitas Kambing Etawa Kota Kediri Kirim Pakan Ternak ke Lumajang

Peternak panen pakan untuk ternak di Kediri, Jawa Timur. (Antara Jatim)

Editor: M Kautsar - Senin, 20 Desember 2021 | 11:30 WIB

Sariagri - Komunitas peternak kambing etawa Mas Kumambang Kota Kediri, Jawa Timur, turut berpartisipasi membantu warga korban bencana Gunung Semeru, Lumajang, dengan mengirimkan bantuan berupa pakan ternak.

Sekretaris Mas Kumambang Kota Kediri Yusup Jazuli mengatakan dirinya dengan rekan-rekan yang lain ikut berduka dengan musibah bencana Gunung Semeru itu. Untuk itu, bantuan digalang berupa pakan ternak, karena jika bahan pokok sudah melimpah.

"Rata-rata warga bertani dan beternak, jadi kami bantu yang menjadi tumpuan hidup mereka, ternak," kata Yusup di Kediri, Minggu (19/12).

Kegiatan itu juga mendukung langkah Pemkot Kediri. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar juga sudah memberikan imbauan untuk saling membantu bagi yang membutuhkan. Pemkot Kediri mengirim sayur mayur untuk warga di sana.

Untuk itu, dirinya dengan rekan-rekan yang lain di komunitas menyumbang pakan ternak dua truk. Pakan diberikan karena rumput banyak tertutup pasir dan kering. Pakan dipilih ketimbang bahan pokok dan perlengkapan lainnya, karena dari informasi yang diterimanya bahan pokok melimpah.

"Di sana juga membutuhkan pakan. Jadinya, kami inisiatif membantu. Banyak rumput yang kering dan tertimbun pasir juga, jadi sulit jadi pakan ternak," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Mohamad Ridwan memberikan apresiasi langkah komunitas Mas Kumambang, Kota Kediri itu.

Pihaknya juga mendukung dengan langsung memberikan surat untuk mempermudah administrasi pengiriman bantuan pakan ternak untuk warga korban bencana di Lumajang itu.

"Kami apresiasi apa yang dilakukan. Di sana pakan sulit dan kebetulan disini musim bagus, rumputnya bagus dan banyak. Kami salut dan bangga," kata Mohamad Ridwan.

Baca Juga: Berbagi Bantuan, Komunitas Kambing Etawa Kota Kediri Kirim Pakan Ternak ke Lumajang
Mengenal Kambing Gibas, Kambing yang Mirip dengan Domba



Ia juga sudah memberikan masukan agar pengiriman pakan dilakukan pada malam hari. Dengan itu, kesegaran pakan akan terjaga hingga pagi tiba di lokasi.

"Perjalan malam jaga kesegaran rumput. Kami juga sudah komunikasi dengan tim di sana, jika sudah sampai lokasi (posko) diberikan ke peternak," kata Mohamad Ridwan.

Video Terkait