Mengenal Kambing Gibas, Kambing yang Mirip dengan Domba

Ilustrasi kambing gibas. (Foto Antara)

Editor: M Kautsar - Senin, 20 Desember 2021 | 11:00 WIB

Sariagri - Kambing gibas merupakan jenis ruminasia yang mirip dengan domba. Mereka memiliki bulu yang sangat lebat, sehingga banyak orang menganggap bahwa kambing ini sama dengan domba.

Di Indonesia sendiri kambing gibas banyak dikembangkan di Pulau Jawa. Menurut data, 86,6 persen kambing gibas terdapat di Pulau Jawa dan terbagi di Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Jawa Barat.

Banyak peternak sengaja untuk mengembangkan kambing ini karena sagat mudah beradaptasi terhadap perubahan iklim dan mampi beranak sepanjang tahun tanpa mengenal musim. 

Selain itu, ada dua jenis kambing gibas yang banyak dibudidayakan di Indonesia seperti berikut ini. 

Kambing Gibas Ekor Tipis

Kambing ini merupakan kambing asli Indonesia yang populasinya banyak terdapat di daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kambing ini mempunyai ciri-ciri seperti memiliki tubuh yang kecil, pertumbuhannya lambat, bulu kasar, dan perolehan daging relatif sedikit.

Bobot kambing gibas jens ini berkisar 30 hingga 40 kg untuk kambing jantan. Sementara kambing gibas betina memiliki sekitar 20–25 kg.

Untuk persentase perolehan karkas adalah 44 hingga 49 persen dari bobot total kambing gibas. Karkas adalah bagian kambing yang memiliki nilai jual tinggi, seperti bagian tulang, daging, dan lemak daging. Ekornya yang tipis, memiliki panjang hanya sekitar 20 cm dengan ketebalan sekitar 3 cm dan lebar pangkal ekor 5,5 cm.

Baca Juga: Mengenal Kambing Gibas, Kambing yang Mirip dengan Domba
Inspiratif! Pemuda Ini Resign dari Pegawai BUMN Pilih Sukses Beternak Kambing

Kambing Gibas Ekor Gemuk 

Kambing yang memiliki ekor panjang dengan jumlah ruas tulang ekor mencapai 14, termasuk ke dalam kambing gibas dengan ekor gemuk. Ciri kambing ini adalah bentuk tubuh yang besar, bulu tebal dan gembel, dan ekornya kasar. Bentuk ekornya cenderung mengecil pada bagian ujung. Di bagian ujung tersebut adalah tempat penyimpanan cadangan lemak.

Cadangan lemak tersebut berfungsi sebagai asupan energi ketika kambing sedang menghadapi cuaca ekstrem. Di Indonesia populasi kambing gibas ekor gemuk banyak terdapat di daerah Madura. Bobot dari kambing jenis ini mencapai 50—70 kg untuk kambing jantan dan betinanya berkisar 30–40 kg.

Video Terkait