Wow! Petani Muda Ini Bisa Tumbuhkan Tanaman Pakan Ternak Hanya dalam Tujuh Hari

Jelai dianggap sebagai salah satu pakan ternak terbaik. (Sariagri/Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 Desember 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Mathoke Phaladi adalah seorang petani muda yang membudidayakan pakan ternak bernutrisi tinggi secara hidroponik hanya dalam waktu tujuh hari, dan pakan tersebut tumbuh sepanjang tahun. Petani muda dan pendiri Thari's Fodder ini lahir dan besar di Limpopo, Afrika Selatan di mana ia menggembalakan ternak sejak usia dini, dan kemudian mengembangkan minat dalam bertani.

“Waktu saya kecil, kami bertani, baik ternak maupun tanaman, tapi bukan untuk komersial. Itu untuk konsumsi kami sendiri,” katanya. Seiring bertambahnya usia, Phaladi tahu bahwa dia ingin bertani secara komersial tetapi tidak tahu jenis pertanian apa yang ingin dia spesialisasi. Hambatan finansial untuk memulai juga tidak membuatnya mudah.

Saat mencari jendela peluang untuk masuk ke pertanian komersial, pengusaha itu menemukan Will't It Be Cool (WIBC), sebuah inkubator bisnis yang membimbing, mendukung, dan mendanai usaha kecil yang akan datang di berbagai sektor termasuk pertanian hidroponik. Phaladi mencoba peruntungannya dan setelah berhasil masuk WIBC, dia mulai melakukan penelitian tanaman apa yang ingin dia tanam secara besar-besaran.

"Di negara kami, krisis terbesar yang menurut saya dihadapi para peternak adalah kurangnya hujan. Kami pernah mengalami kekeringan di tahun-tahun sebelumnya. Ada kasus di mana lebih dari 1.000 hewan mati karena kekeringan karena mereka kekurangan makanan atau pakan berkualitas tinggi," dia ujarnya kepada Business Insider.

Tragedi inilah yang memotivasi Phaladi untuk berani menanam pakan ternak. "Untuk membantu para petani yang berjuang mendapatkan pakan bergizi tinggi dari pakan hijau seperti rumput hijau," tambahnya.

Phaladi belajar bagaimana menanam pakan bergizi tinggi secara hidroponik untuk memastikan bahwa ia mampu memproduksinya sepanjang tahun, sepanjang musim.

Jenis pakan peternakan Phaladi adalah gandum barley yang dikatakan memberikan hasil terbaik nutrisi di rumput hijau. Ini karena rumput ini mengandung nutrisi yang berlimpah yang tak tertandingi oleh jenis rumput lainnya, dan hanya membutuhkan waktu tujuh hari untuk tumbuh. “Saya hanya butuh tujuh hari untuk tumbuh, hanya tujuh hari. Begitulah cara kami dapat menghasilkan rumput dalam jumlah besar dalam waktu singkat. Kami mampu menghasilkan 1.000 kilogram setiap hari,” kata Phaladi bangga.

Baca Juga: Wow! Petani Muda Ini Bisa Tumbuhkan Tanaman Pakan Ternak Hanya dalam Tujuh Hari
Mengenal Rumput Zanzibar, Manfaat dan Kandungannya untuk Pakan Ternak

Tergantung pada jenis hewan yang Anda beri makan, setidaknya empat kilogram direkomendasikan untuk sapi per hari, 1,3 kilogram untuk domba, dan sekitar 0,23 untuk ayam. Hewan lain membutuhkan sekitar tiga persen dari berat badan mereka per hari, menurut peternak.

Hanya dalam 90 hari, Phaladi menjamin, pelanggan akan melihat hasilnya saat hewan bertambah berat. Meskipun pertanian hidroponik tidak pernah bisa menggantikan pertanian lahan konvensional, ini cenderung sedikit lebih layak dalam aspek-aspek tertentu.

Video Terkait