Kenali 7 Jenis Lebah Madu yang Hidup di Indonesia

Ilustrasi - hewan lebah.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 14 Desember 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Lebah merupakan sekelompok serangga penghasil madu sekaligus berperan penting sebagai hewan penyerbuk. Terdapat sekitar 20.000 spesies lebah yang hidup di dunia, tujuh diantaranya masuk dalam genus Apis atau lebah madu.

Masing-masing spesies lebah madu menghasilkan madu dengan ciri khas tersendiri. Berikut beberapa spesies lebah madu yang hidup di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

Apis dorsata

Habitat lebah ini di area hutan yang memiliki pepohonan tinggi sehingga Apis dorsata merasa aman untuk membuat sarang di atasnya. Lebah raksasa ini termasuk lebah madu hutan yang tidak bisa dibudidayakan. Selain tubuhnya besar, Apis dorsata memiliki sengat yang kuat sehingga perlu keahlian khusus untuk mengambil madunya di alam liar.

Apis mellifera

Apis mellifera merupakan jenis lebah yang paling sering dibudidayakan peternak lebah. Serangga ini memiliki koloni cukup besar, sekitar 30.000 ekor setiap koloninya. Umumnya lebah ini hidup di celah dinding, kayu atau pohon berlubang.

Apis florea

Lebah ini sering disebut sebagai lebah madu kerdil karena tubuhnya lebih pendek dibanding jenis lebah lainnya yaitu sekitar 7-10 mm.  Apis florea memiliki sarang yang terbuka dan koloni kecil sehingga sangat rentan terhadap predator. Madu yang dihasilkan dari jenis lebah ini dikenal dengan nama madu lanceng.

Apis koschevnikovi

Di Indonesia, spesies lebah Apis koschevnikovi hanya ditemukan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Lebah ini dikenal dengan sebutan lebah madu merah mengacu pada tubuhnya berwarna coklat gelap dengan perut berwarna oranye terang.

Apis cerana

Lebah madu timur atau Apis cerana dikenal memiliki sarang dengan banyak sisiran sehingga lebah jenis ini menjadi pilihan terbaik peternak karena bisa menghasilkan banyak madu. Berbeda dengan sepupunya Apis mellifera yang hidup dalam koloni besar, Apis cerana hidup dalam koloni lebih kecil, hanya berisi 6-7 ribu lebah saja.

Apis andenoformis

Black dwarf honey bee adalah sebutan untuk jenis lebah yang bisa dijumpai di Jawa dan Kalimantan. Lebah ini dapat hidup di iklim tropis dan subtropis sehingga ditemukan juga di beberapa negara lain.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Lebah Madu yang Hidup di Indonesia
Wanita Asal Jambi Ini Sukses Jadi Peternak Lebah dan Pengusaha Madu, Kantongi Omzet Rp150 Juta

Lebah ini merupakan lebah terkecil dari semua jenis lebah madu, bahkan lebih kecil dari Apis florea. Biasanya lebah ini bersarang di tempat terbuka seperti menggantung pada ranting pohon atau dahan di semak-semak.

Apis nuluensis

Lebah ini merupakan kerabat dekat dari Apis cerana yang ditemukan di dataran tinggi gunung Kinabalu, Kalimantan. Apis nuluensis memiliki tubuh berwarna gelap dengan ukuran sedang. Lebah ini juga diketahui merupakan inang dari parasit Varroa underwoodi atau tungau lebah.

Video terkait:

 

Video Terkait