Mudah Banget! Begini Cara Menghilangkan Kerak Hitam di Hidung Kucing

Ilustrasi kucing (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 10 Desember 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai masyarakat Tanah Air. Pasalnya, kucing memiliki penampilan yang menggemaskan dan tingkah yang lucu.

Dalam perawatannya, para pemilik kucing wajib menjaga kesehatan dan memastikan kebersihannya. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah kebersihan dari hidung kucing. Sebab, kamu dapat menilai kondisi kesehatan kucing melalui hidungnya.

Hidung kucing sering kali terlihat kotor, biasanya ada warna kerak hitam dibagian pinggir atau mengelilingi lubang hidung. Jika dibiarkan kotor terus menerus dan tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan masalah seperti gangguan pernafasan.

Begini cara menghilangkan kerak hitam di hidung kucing.

1. Cotton Bud

Cotton bud digunakan tidak hanya untuk membersihkan mata kucing, tetapi juga dapat membersihkan kerak yang menempel pada hidung kucing. Namun terkadang kerak yang menempel itu cukup kuat, sehingga saat kamu membersihkannya memerlukan tenaga lebih.

Baca Juga: Mudah Banget! Begini Cara Menghilangkan Kerak Hitam di Hidung Kucing
Mengapa Kucing Lebih Aktif di Malam Hari? Ini Jawabannya

2. Kapas Basah

Selain cotton bud, kamu juga bisa menggunakan kapas basah atau lap wajah. Caranya usapkan dengan lembut ke hidung hewan peliharaan. Jika kerak yang menempel terangkat dan tidak membuat kulit dibawahnya berubah, maka tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

3. Air Hangat

Apabila kerak hitam itu berasal dari darah yang mengering, maka biarkan saja hingga kotoran itu hilang dengan sendirinya. Namun, jika kucing terlihat kesulitar bernafas karena kotoran tersebut, kamu bisa membersihkannya dengan air hangat atau parafin cair yang dapat melembutkan kulit, sehingga tidak terjadi penyumbatan pernafasan.

Video Terkait