Arab Saudi Adakan Kontes Kecantikan Unta, 40 Hewan Didiskualifikasi karena Gunakan Botox

Ilustrasi kontes kecantikan unta. (Pexel)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 10 Desember 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Pihak berwenang Arab Saudi mengambil tindakan keras terbesar terhadap kontestan kecantikan unta yang menerima suntikan Botox dan sentuhan buatan lainnya, seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA). Lebih dari 40 unta didiskualifikasi dari kontes tahunan tersebut.

Baca Juga: Arab Saudi Adakan Kontes Kecantikan Unta, 40 Hewan Didiskualifikasi karena Gunakan Botox
Kisah Hewan yang Selamat dari Abu Semeru, dari Kucing, Ikan Mas sampai Kambing



Festival Unta Raja Abdulaziz yang populer di Arab Saudi, yang dimulai awal bulan ini, mengundang para peternak unta terindah untuk bersaing memperebutkan hadiah uang sekitar $66 juta. Suntikan botox, pengencangan wajah dan perubahan kosmetik lainnya untuk membuat unta lebih menarik sangat dilarang.

Juri memutuskan pemenang berdasarkan bentuk kepala, leher, punuk, pakaian, dan postur unta. Para juri di festival selama sebulan di gurun timur laut ibukota Saudi, Riyadh, meningkatkan pengawasan mereka terhadap unta yang disempurnakan secara artifisial menggunakan teknologi "khusus dan canggih" untuk mendeteksi gangguan.

Pada tahun 2018, 12 unta dilarang karena alasan yang sama di festival tersebut. Tahun ini, pihak berwenang menemukan lusinan peternak telah meregangkan bibir dan hidung unta, menggunakan hormon untuk meningkatkan otot binatang, menyuntikkan kepala dan bibir unta dengan Botox untuk membuatnya lebih besar, menggembungkan bagian tubuh dengan karet gelang dan menggunakan pengisi untuk rileks wajah mereka.

"Klub ingin menghentikan semua tindakan perusakan dan penipuan dalam mempercantik unta," kata laporan SPA. 

Laporan menambahkan penyelenggara akan "menjatuhkan hukuman tegas pada manipulator." 

Video Terkait