Menkop UKM: Penjualan Kambing untuk Aqiqah hingga Rp6,1 Triliun

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat menemui peternak kambing dan domba di Karanganyar, Jawa Tengah.(Kemenkop UKM)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 8 Desember 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Menteri Koperasi dan UKM (MenKop dan UKM) Teten Masduki terus mendorong terbentuknya korporasi peternak kambing dan domba di Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Menurut Teten, domba dan kambing memiliki pasar tetap yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan yaitu aqiqah.

"Angka penjualan kambing untuk aqiqah itu mencapai Rp6,1 triliun, itu besar sekali. Dan angka itu masih kurang apalagi kalau mau masuk ke pasar Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura terlebih Timur Tengah," ujar Teten saat berdiskusi dengan peternak domba-kambing yang tergabung dalam Himpunan Peternak Domba-Kambing Indonesia (HPDKI) Jateng di Jangkar Hijau Farm, Karanganyar. 

Teten mengungkapkan sistem pengelolaan peternakan di Jangkar Hijau Farm sudah tepat dari hulu hingga ke hillir.

"Disini sistemnya sudah benar, ada pembiakan breedingnya, sudah ada juga koperasinya. Ini punya potensi untuk dibesarkan, sehingga jika ini dibesarkan maka serapan tenaga kerja juga akan semakin besar," katanya.

Dikatakan Teten, koperasi harus menjadi off taker dari produk anggotanya sehingga harga dapat dikendalikan. Dia optimistis peternak dapat segera mewujudkan Karanganyar sebagai sentra domba-kambing.

"Ini ekonomi yang sangat baik, terutama untuk membangun koorporasi peternakan berbasis peternakan rakyat," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengatakan pihaknya sudah memfasilitasi pembentukan koperasi bagi peternak. Namun, dia mengungkapkan faktor permodalan masih menjadi kendala bagi para peternak domba-kambing di wilayahnya.

Baca Juga: Menkop UKM: Penjualan Kambing untuk Aqiqah hingga Rp6,1 Triliun
Integrasi Bisnis Peternakan Dapat Hasilkan Keuntungan Berlipat

"Koperasinya sudah berjalan, yang pertama terkait penyediaan pakan ternak," katanya.

Rober menambahkan berdasarkan data Dinas Peternakan Karanganyar, populasi domba dan kambing di di daerah itu sebanyak 125 ribu ekor. Angka itu cukup besar dan dapat ditingkatkan lagi.

"Potensi ini cukup besar untuk ditingkatkan, terlebih minat para melleni untuk mengembangkan peternakan domba & kambing di Karanganyar sangat besar," tandasnya.

Video terkait:

 

Video Terkait