Ngeri! Pesawat Ryanair Tabrak Sekumpulan Burung Kuntul, Mesin Pesawat hingga Terbakar

Mesin pesawat terbakar usai tabrak sekumpulan burung kuntul (Twitter)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 7 Desember 2021 | 20:10 WIB

Sariagri - Pesawat Malta Air yang beroperasi untuk Ryanair menabrak sekumpulan kawanan burung kuntul ketika hendak mendarat di bandara Bologna, Italia. Pesawat dengan nomor penerbangan FR1194 itu dilaporkan terbang dengan rute London Stansed ke Bologna.

Mengutip dari aviation24, pilot dapat melanjutkan pendaratan dengan aman di Bandara Bologna, meskipun ada kerusakan pada hidung pesawat, kaca depan dan kedua sayap. Bahkan beberapa burung kuntul juga tertelan oleh mesin sebelah kanan sehingga mengalami kerusakan kompresor.

Pemeriksaan pasca-penerbangan menunjukan bahwa mesin pesawat sebelah kiri juga ternyata tertabrak kawanan burung tersebut. Untungnya, tidak ada cidera yang dilaporkan dalam insiden tersebut.

Dalam unggahan Twitter @aviatonbrk, tampak sisa-sisa badan burung Kuntul yang masih tertinggal di badan pesawat. Selain itu, terlihat juga noda darah tersebar kemana-mana bahkan hingga menutupi kaca kokpit.

Selain itu, momen saat mesin pesawat terbakar juga sempat terekam dari video yang diunggah melalui daratan. Terlihat dalam video yang berdurasi singkat itu bagian mesin nyala api berwarna merah.

Baca Juga: Ngeri! Pesawat Ryanair Tabrak Sekumpulan Burung Kuntul, Mesin Pesawat hingga Terbakar
Waspada, Flu Burung Telah Menyebar di Eropa dan Asia

Juru bicara Ryanair mengatakan bahwa penerbangan FR1194 dari London mengalami serangan burung ketika hendak mendarat di bandara Bologna. Serangan burung relatif umum dalam perjalanan udara tetapi jarang mengakibatkan membahayakan pesawat dan penumpangnya.

"Awak penerbangan ini melakukan pekerjaan yang fantastis dalam mendaratkan pesawat dengan aman, memberi informasi kepada penumpang, dan memastikan penumpang turun dengan selamat dan tepat waktu," kata juru bicara, dikutip dari metro.

Video Terkait