Saat Makanan Langka, Monyet Salju di Jepang Ternyata Berburu Ikan

Ilustrasi monyet salju. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 6 Desember 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Primata dikenal sebagai mahluk yang mampu memecahkan masalah dan mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan apapun.

Para ilmuwan pun menemukan perilaku adaptif ini pada monyet salju Jepang (macaca fuscata). Di mana, ketika mereka kesulitan makanan, monyet-monyet salju ini diketahui berburu ikan untuk bertahan hidup. Perilaku kawanan monyet salju ini dilaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Monyet salju adalah hewan asli pulau-pulau utama Jepang (kecuali Hokkaido) di mana hujan salju biasa terjadi di wilayah paling utara. Selimut musim dingin bisa menjadi sangat padat, sehingga membuat pencarian makanan favorit mereka jauh lebih sulit.

Guna mengonfirmasi bagaimana kera Jepang dari Taman Nasional Chubu Sangaku di Jepang bertahan melewati musim dingin, para peneliti mengambil sampel kotoran mereka. Menggunakan metabarcoding, peneliti dapat menentukan bahwa monyet memang mensubsidi makanan dengan hewan air tawar, termasuk trout coklat, moluska, larva serangga air dan nimfa.

Meski menjadi salah satu daerah terdingin di dunia, aliran air tanah di Taman Nasional Chubu Sangaku terus mengalir sepanjang musim dingin. Ini karena fakta bahwa mereka mempertahankan suhu air konstan sekitar 5 °C (41 °F) sehingga tidak pernah mencapai titik beku.

Analisis tinja mendukung teori bahwa di musim dingin, ketika makanan langka, kera Jepang akan berburu di sepanjang tepi kolam dan sungai, menyambar beberapa hewan air yang mereka temukan sebagai makanan alternatif.

“Monyet Jepang memiliki wilayah jelajah musim dingin yang lebih luas ketika sumber makanan langka, tetapi Kamikochi terletak di lembah yang dalam, di mana mereka tidak dapat melintasi pegunungan,” kata pemimpin peneliti Alexander Milner, Profesor Ekosistem Sungai di Universitas Birmingham dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Saat Makanan Langka, Monyet Salju di Jepang Ternyata Berburu Ikan
Warga Garut Resah dengan Kemunculan Lutung Secara Misterius

“Populasi yang lebih besar menciptakan tekanan tambahan untuk bertahan hidup di musim dingin, tetapi banyak sumber air tanah dan sumber mata air panas dari gunung berapi aktif memastikan banyak aliran mengalir tanpa lapisan es yang memungkinkan akses mudah ke monyet," sambungnya.

Melansir IFL Sciencedaerah Kamikochi mungkin satu-satunya lingkungan di Jepang di mana kondisi topografi, geolog dan meteorologi memungkinkan kera Jepang untuk melengkapi makanan musim dingin mereka dengan cara ini.

Video Terkait