Gunung Semeru Meletus, Animal Rescue Turun Selamatkan Hewan Ternak

Animal Rescue selamatkan hewan ternak terdampak letusan gunung Semeru. (Twitter)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Desember 2021 | 13:20 WIB

Sariagri - Animal Rescue menerjunkan tim siaga bencana untuk membantu evakuasi dan pemulihan hewan ternak di daerah terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Seperti diketahui, Gunung Semeru meluncurkan awan panas pada Sabtu (4/12/2021), bencana alam ini membuat warga berlarian menyelamatkan diri. Peningkatan aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu membuat beberapa desa di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, diliputi awan panas guguran dan hujan abu vulkanik.

Gunung Semeru meletus melumpuhkan aktivitas masyarakat. Selain itu, hewan ternak juga tak luput dari bencana alam yang terjadi di Jawa Timur.

Pemerhati hewan, Indira Tendi, dalam media sosial Twitter miliknya memberikan informasi soal aksi penyelamatan hewan yang terdampak bencana letusan Gunung Semeru. Maklum saja, banyak warga dan relawan mengevakuasi hewan ternak yang terjebak di kandang di Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (5/12/2021).

Letusan gunung Semeru mengakibatkan sebagian hewan ternak milik penduduk mati. Pasalnya, ada warga yang panik hingga terlambat mengevakuasi hewan ternak yang terkena awan panas atau tertimpa reruntuhan kandang.

"Malam ini tim disaster relief kami berangkat menuju Lumajang. Selain fokus di konservasi orangutan, COP juga turun membantu di daerah-daerah bencana alam seperti saat erupsi Merapi, Kelud, Sinabung, Gunung Agung, dan juga gempa Palu," tulis cuitan @indiratendi.

"Animal shelter yang dibangun ±11 KM dari puncak Semeru. Sementara sudah berhasil menyelamatkan hewan ternak (sapi & kambing) dari beberapa desa terdampak. Kami juga akan berusaha menolong anjing, kucing dan satwa liar. Hari ini senior vet kami menyusul ke lokasi utk beri bantuan medis," tulis Indi

Video Terkait



Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Animal Rescue Turun Selamatkan Hewan Ternak
Kisah Peternak Burung Murai Asal Solo Ini Ciptakan Aplikasi Jual-Beli Hewan Ternak