Viral Video Telur Angsa Berwarna Hitam, Ilmuwan Heran

Ilustrasi telur hitam. (Foto Istimewa)

Editor: M Kautsar - Jumat, 3 Desember 2021 | 17:50 WIB

Sariagri - Foto dan video telur berwana hitam yang dibagikan di Weibo viral dan membuat  warganet heboh. Tidak hanya warganet, fakta tentang telir angsa berwarna hitam ini bahkan turut membuat sejumlah ilmuwan heran.

Foto dan video menarik dari telur hitam itu diunggah di Sina Weibo pekan lalu oleh seorang pria bermarga Zhu dari Kota Hangzhou, di Provinsi Zhejiang, Cina.

Pria itu mengklaim bahwa telur tersebut berasal dari temannya yang memelihara banyak angsa abu-abu di peternakannya. Namun, meski berbentuk seperti telur pada umumnya, telir yang ia terima kali ini berbeda. Ketika retak, telur menunjukkan putih telur yang jernih, tetapi kuning telur berwarna hitam, bukan kuning normal atau oranye muda.

Dilaporkan Oddity Central, dalam sebuah video yang kemudian menjadi viral, Zhu menjelaskan bahwa semua telur itu diletakkan oleh angsa yang sama, dan kecuali warna kuning telurnya, mereka berbau dan tampak seperti telur angsa biasa. Rupanya, baik dia maupun pemilik angsa tidak tahu mengapa kuning telur berwarna aneh ini.

Setelah foto dan video telur kuning hitam mulai menyebar di media sosial Cina, orang-orang mulai mengemukakan teori mereka sendiri. Beberapa menanggapi dengan humor, dan yang lain mencoba memecahkan misteri tersebut.

"Angsa ini pasti telah menelan tinta" atau "Ia pasti memiliki hati yang paling gelap", demikian tanggapan beberapa warganet.

Seseorang memperkirakan bahwa angsa pasti telah makan banyak murbei hitam, yang dikenal karena kandungan melaninnya yang tinggi.

Zhu kemudian mengkonfirmasi bahwa memang ada banyak pohon murbei yang ditanam di belakang peternakan tempat angsa dibesarkan, tetapi dia skeptis tentang kemungkinan penjelasan ini. “Angsa-angsa ini dibesarkan dengan bebas. Ketika murbei jatuh ke tanah, mereka berlari untuk memakannya. Mereka mengandung melanin, jadi mungkin juga karena terlalu banyak makan murbei, tetapi penjelasan ini tidak terlalu masuk akal, jadi saya tidak yakin, singkatnya, ini cukup aneh, ”tulis pria itu.

Baca Juga: Viral Video Telur Angsa Berwarna Hitam, Ilmuwan Heran
Kemenperin Dorong Pembangunan Industri Pengolahan Telur untuk Atasi Surplus



Seorang ahli unggas yang diminta oleh outlet berita China untuk memberikan alasan potensial untuk kuning hitam mengatakan bahwa satu-satunya hal yang dapat dia pikirkan adalah pencemaran lingkungan. Ia mengatakan bahwa "secara ilmiah, fenomena seperti itu seharusnya tidak terjadi".

Ettoday baru-baru ini melaporkan bahwa para ahli di Akademi Ilmu Pertanian Cina telah menyatakan minatnya untuk mempelajari telur aneh ini, tetapi pada saat penulisan ini misteri tersebut belum terpecahkan.

Video Terkait