Berawal dari Hobi, Pria Ini Mendulang Cuan dari Ternak Kura-kura

Mockhamad Nurkosim, peternak kura-kura asal Bogor, Jawa Barat. (Sariagri/Akbar)

Editor: Dera - Jumat, 3 Desember 2021 | 10:30 WIB

Sariagri - Mockhamad Nurkosim, warga Ciparigi, Bogor, Jawa Barat mengaku terpesona dengan bentuk kura-kura yang unik dan tidak biasa dibandingkan hewan peliharaan lainnya.

Berawal dari hobi itulah, Nurkosim mencoba memanfaatkan halaman rumah seluas 5x2,5 meter untuk beternak kura-kura. 

“Dulu itu saya mikirnya anti-mainstream. Kan gak banyak orang juga yang melihara kura kura. Biasanya lebih ke ikan dan burung. Saya ingin beda sendiri," ungkap Kosim saat ditemui Sariagri di Kediamnnya beberapa waktu lalu.

Pria yang sehari-harinya bertugas di BPBD Kota Bogor ini memilih jenis kura-kura brazil. Menurutnya, selain perawatannya lebih mudah, reptil asal Negeri Samba ini banyak dikenal masyarakat luas.

Ia pun lalu mencari lebih lanjut seputar perawatan kura-kura di dunia maya agar mendapat pengetahuan seputar hewan yang disebut Testudines ini. Dalam proses perjalanan beternak kura-kura yang ia geluti sejak 2018, Kosim pun ternyata menemukan potensi ekonomi karena tingginya minat masyarakat.

Baca Juga: Berawal dari Hobi, Pria Ini Mendulang Cuan dari Ternak Kura-kura
Pekerjaan Buntu karena Pandemi, Ini Kisah Sukses Satria Beralih Bisnis Hewan Eksotik

“Awalnya lebih ke koleksi. Saya lihat di grup media sosial ada yang jual saya beli. Lama-lama kok kura-kura ternyata ada nilai ekonominya juga. Dari situ saya membudidayakannya “ tutur Kosim.

Kini, ia pun telah mempunyai koleksi puluhan kura-kura berbagai jenis mulai dari Brazil Normal, Hybrid, Rio Grande Slider dan masih banyak lainnya. Kosim juga kerap menjual hasil ternak ini di Instagram dengan harga bervariasi, mulai dari Rp35 ribu hingga Rp1,5 juta per ekornya.

 

Video Terkait