Miliki Beragam Manfaat, Peneliti Dunia Bahas Manfaat Lebah untuk Atasi COVID-19

Manfaat lebah madu. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 29 November 2021 | 21:00 WIB

Sariagri - Lebah merupakan spesies yang dikenal akan perannya dalam menopang pangan dengan segudang manfaat seperti seperti madu, propolis, beeswax, maupun royal jelly.

Produk yang dihasilkan oleh lebah sendiri telah dimanfaatkan oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu akibat khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Membahas segudang manfaat lebah, Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) menggelar konferensi bertajuk International Conference on The Medicinal Use of Honey Bee Products for Covid-19.

Konferensi yang digelar melalui platform zoom meeting ini mempertemukan para peneliti dunia dengan pokok pembahasan seputar medicinal use of bee product.  

Ketua konferensi, Drs. James S.Hutagalung, M.Kes mengatakan kegiatan yang dilakukan secara dari ini menghadirkan banyak pakar, peneliti, dan dosen Internasional dari 9 negara di benua Asia, Afrika, dan Eropa.

“Para pakar dunia dari 9 negara yang hadir dalam konferensi antara lain berasal dari Indonesia Jerman, Rumania, Yunani, Mesir, Filipina, Malaysia, Maroko, dan India, “ beber Ketua konferensi, James S.Hutagalung dalam rilis yang dibagikan kepada Sariagri, Senin (29/11/2021). 

James menyampaikan tentang pentingnya pembahasan dalam konferensi ini yang berfokus pada manfaat produk lebah terhadap penyembuhan covid-19. Menurutnya, banyak riset tentang manfaat madu dan segudang manfaat mengenai produk yang dihasilkan oleh lebah, seperti propolis.

“Di Unair sendiri kami telah meneliti dan mempresentasikan pada forum internasional, penggunaan propolis untuk terapi malaria. Propolis juga berpotensi untuk pengobatan demam berdarah dengue,” imbuhnya. 

James melanjutkan propolis dikenal sebagai produk lebah yang mengandung banyak zat aktif dan berpeluang menggantikan antibiotik serta memperkuat daya tahan tubuh.

Baca Juga: Miliki Beragam Manfaat, Peneliti Dunia Bahas Manfaat Lebah untuk Atasi COVID-19
Hati-hati! Ada 94 Kasus Terjadi di Negara Tetangga, Covid-19 Menular Lewat Sayur dan Buah

Pandemi COVID-19 sendiri telah menjadi momok yang serius dan memerlukan riset serta pemecah masalah melalui berbagai penelitian. Adanya konferensi ini sebagai wadah pertemuan diskusi dan bertukar pikiran antar-peneliti dunia untuk memberikan alternatif solusi pengobatan terhadap problem terbaru. 

“Konferensi tersebut diharapkan mampu membuka potensi berkolaborasi dan menyelesaikan masalah covid-19 melalui produk lebah. Penyelengaraan konferensi itu juga turut mendukung SDGs nomor 3 dan 17 yakni good health and weel-being dan partnership for the goals, “ tandasnya.

Video Terkait