Kejam! Gara-gara Hal Ini, 5 Ekor Lutung Terancam Punah Ini Ditembak Mati

Ilustrasi monyet. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 29 November 2021 | 19:30 WIB

Sariagri - Pemburu liar di Vietnam telah menembak mati lima lutung yang terancam punah. Lutung ini adalah sejenis monyet yang dibunuh untuk diambil daging dan bagian tubuh lainnya untuk bahan pembuatan obat-obatan tradisional.

Melansir phys.org, penjaga hutan dan polisi menemukan lutung-lutung douc shank abu-abu itu mati saat patroli rutin di hutan provinsi Quang Ngai pada 19 Oktober lalu.

Menurut kelompok konservasi Fauna and Flora International (FFI), lutung yang tinggal di hutan Vietnam tengah ini, populasinya secara global mungkin kurang dari 1.000 ekor, meski kelompok konservasi lain memperkirakan jumlah mereka mungkin lebih karena ada beberapa daerah habitat yang belum disurvei.

Primata ini memang sering menjadi korban perdagangan satwa liar ilegal, dan dicari untuk daging hewan liar, obat-obatan tradisional dan perdagangan hewan peliharaan, kata FFI. Mereka juga terancam oleh deforestasi.




Lutung douc shanked abu-abu terdaftar sebagai "sangat terancam" dnegan kategori risiko tertinggi di bawah Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES).

Vietnam sendiri memasukkan Lutung douc shanked abu-abu dalam "buku merah" hewan yang dilindungi Undang-undang dengan sanksi pidana jika membunuhnya. Di bawah hukum Vietnam, pemburu gelap dalam kasus seperti itu dapat menghadapi hukuman tujuh tahun penjara. Akan tetapi penegakan hukumnya masih lemah.

Baca Juga: Kejam! Gara-gara Hal Ini, 5 Ekor Lutung Terancam Punah Ini Ditembak Mati
Warga Garut Resah dengan Kemunculan Lutung Secara Misterius



Di Quang Ngai, para pemburu kabur, meninggalkan sepeda motor, peluru dan peredam suara, kata situs berita VNExpress dalam laporannya. Pihak berwenang setempat sedang memeriksa kasus ini.

Seperti diketahui, Vietnam adalah rumah bagi beberapa spesies paling terancam punah di dunia, termasuk kura-kura cangkang lunak raksasa Sungai Merah, monyet berhidung pesek Tonkin, dan saola, sejenis kijang pegunungan.

 

Video Terkait