Kontroversi Larangan Konsumsi Daging Anjing di Korea Selatan

Ilustrasi anjing. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 29 November 2021 | 13:30 WIB

Sariagri - Pemerintah Korea Selatan akan melakukan pembahasan resmi terkait wacana pelarangan mengonsumsi daging anjing di negara tersebut. Putusan ini diambil setelah Presiden Moon Jae-in menyarankan peninjauan praktik tersebut saat bertemu Perdana Menteri Kim Boo-kyum, bulan September lalu.

Wacana pelarangan memakan daging anjing telah menimbulkan kontroversi di masyarakat Korea Selatan. Sementara aktivis hak-hak binatang telah lama menyerukan pelarangan tersebut, para kalangan tradisionalis justru menentangnya dan menegaskan bahwa orang harus diizinkan makan apa yang mereka inginkan.

Wacana pelarangan ini juga mendapat dorongan baru menjelang pemilihan presiden yang dijadwalkan tahun depan. Beberapa kandidat, termasuk Lee Jae-myung, Gubernur Provinsi Gyeonggi yang paling padat penduduknya di negara itu dan calon presiden terkemuka dari partai Moon, telah bersumpah untuk mendorong larangan melalui konsensus sosial.

Melansir Independent, sebuah jajak pendapat yang dilakukan Nielsen untuk Humane Society International pada tahun 2020 menunjukkan bahwa sekitar 84 persen orang Korea Selatan tidak pernah mengonsumsi daging anjing dan juga tidak berniat untuk mengonsumsinya dalam waktu dekat.

Survei tersebut juga menemukan bahwa 59 persen warga Korea Selatan mendukung pelarangan daging anjing.

Tetapi jajak pendapat lain dari Realmeter menunjukkan bahwa orang-orang sangat terpecah atas larangan tersebut, dengan 38,6 persen mendukung langkah tersebut dan 48,9 persen menentangnya, lapor Yonhap New Agency

Nara Kim, juru kampanye untuk Humane Society International mengatakan “Kebanyakan orang Korea Selatan tidak makan daging anjing, terutama orang Korea yang lebih muda, itu bukan bagian dari kebiasaan makanan sehari-hari dan pada kenyataannya kebanyakan orang akan terkejut dengan gagasan memakan anjing”.

Humane Society International adalah LSM yang berbasis di Seoul yang telah menyelamatkan lebih dari 2.500 anjing dari peternakan daging anjing sejak 2015.

Baca Juga: Kontroversi Larangan Konsumsi Daging Anjing di Korea Selatan
Presiden Korsel Pertimbangkan Larangan Konsumsi Daging Anjing

Menganggap praktik itu sudah ketinggalan zaman, dia menyoroti kondisi di mana anjing dipelihara di peternakan anjing. “Saya telah membawa banyak jurnalis Korea ke penutupan peternakan anjing kami untuk melihat kondisinya sendiri, dan ketika publik melihat penderitaan yang mengerikan, itu sangat mengejutkan," ujar Kim.

“Di Korea, ratusan ribu anjing menderita karena selera segelintir orang, dan saya pikir hukum harus campur tangan untuk melindungi hewan dari penderitaan yang tidak perlu,” tambahnya.

 

Video Terkait