Alih Profesi, Pengemudi Ojek Online Ini Sukses Menjadi Peternak Entok

Herdian memilih beralih profesi dari pengemudi ojek online menjadi peternak entok (Youtube Agromaritim)

Penulis: Dera, Editor: Reza P - Jumat, 26 November 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Berpindah dari satu profesi ke profesi lainnya itu seperti jalan yang telah digariskan, namun bagaimana kita saja sebagai makhluk yang diberikan kecerdasan luar biasa, bisa mengolah serta mengembangkannya hingga mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Seperti yang dialami oleh Herdian, milenial asal Desa Pabuaran, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat ini memilih beralih profesi dari pengemudi ojek online menjadi peternak entok atau bebek pedaging. Dia menceritakan bahwa sejak kecil dirinya memang hobi dalam memelihara unggas.

“Saya hobi hewan unggas dari kecil main ayam, bebek terus sebelum ini saya nge-grab (ojek daring). Selama pandemi saya mikir usaha apa gitu, saya dapat ide pelihara entok lumayan hasinya,” ujarnya seperti dikutip Sariagri dari channel Youtube Agromaritim, Jumat (26/11).

Herdian menjelaskan bahwa menjadi peternak entok telah berlangsung selama satu setengah tahun. Dikatakannya, ternaknya berfokus dalam penjualan day old duck (DOD) dan bebek pedaging.

“Saya awal mula pelihara enam ekor umur tiga minggu, itu anakan rambon harganya sekitar Rp55 ribu. Sekarang Alhamdulillah sudah menghasilkan kurang lebih 500 ekor,” jelas pria yang kini sukses jadi peternak entok itu. 

Dia mengungkapkan bahwa ternak entok terbilang mudah, di mana perlu diberikan pakan satu hari dua kali dan air minumnya diganti setiap harinya. Herdian menyebutkan bahwa dari entok menetaskan telurnya hingga berumur dua bulan sudah dapat di panen.

“Saya masarin ikut komunitas di facebook, banyak yang cari juga. Untuk DOC lokal kita jual umur satu minggu Rp13 ribu (per ekor), pedaging umur dua bulan kita jual di atas Rp35-Rp40 ribu. Tipsnya yang penting bebek jangan kurang makan aja dijamin sehat-sehat aja,” ungkapnya.

Baca Juga: Alih Profesi, Pengemudi Ojek Online Ini Sukses Menjadi Peternak Entok
Raup Omzet Rp8 Juta per Bulan, Peternak Bebek Ini Memulainya dengan Coba-coba

Lebih lanjut Herdian menyatakan bahwa untuk kembali mencari nafkah di ojek daring dikatakannya tidak. Dia pun ingin memfokuskan diri dalam bidang peternakan bebeknya yang saat ini diberi nama ‘AJA Farm’.

“Untuk kembali lagi ke Grab sih nggak kayanya, saya mau fokus ke entok karena lumayan hasilnya, lebih santai waktunya. (Penghasilan) perbandingannya lumayan sekitar 70-90 persen,” pungkasnya. 

Video Terkait