Habitatnya Rawan Rusak, Ini 10 Hewan Asli Indonesia yang Terancam Punah

Dua orangutan ditranslokasi dari Yogyakarta ke Kalimantan Timur. (KLHK)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 19 November 2021 | 23:00 WIB

Sariagri - Indonesia memang kaya akan sumber daya alam, tak terkecuali flora dan fauna. Bahkan banyak dari spesies makhluk hidup tersebut yang tidak ditemui di belahan dunia lainnya dan tergolong langka.

Baca Juga: Habitatnya Rawan Rusak, Ini 10 Hewan Asli Indonesia yang Terancam Punah
Ternak Merpati Hias, Pembudidaya Asal Pacitan Ini Untung Jutaan Rupiah per Bulan

Kelangkaan tersebut terjadi salah satunya karena rusaknya habitat hidup mereka akibat pembangunan yang begitu masif. Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita turut menjaga kebanggaan makhluk hidup yang dimiliki bangsa ini.

Lantas apa saja sih hewan langka asli Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini, meskipun keberadaannya dinyatakan hampir punah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hewan langka dan hampir punah asli Indonesia.

1. Gajah Sumatera

Gajah Sumatera adalah sub spesies dari gajah Asia yang berhabitat di pulau Sumatera. Gajah ini berpostur lebih kecil dari sub spesies gajah India, populasinya semakin menurun dan menjadi spesies yang sangat terancam kepunahannya.

2. Badak Jawa

Badak jawa atau badak bercula satu kecil adalah anggota famili Rhinocerotidae atau satu dari lima badak yang masih ada. Meski disebut badak Jawa, badak ini tersebar di seluruh Nusantara. Spesies ini kini statusnya sangat kritis, di mana hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas dan tidak ada di kebun binatang.

3. Elang Jawa

Elang jawa (Nisaetus bartelsi) adalah salah satu spesies elang berukuran sedang dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus yang endemik di Pulau Jawa. Satwa yang identik dengan lambang negara Indonesia yaitu garuda, dan sejak tahun 1992 burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia.

4. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) adalah spesies aslinya di pulau Sumatera dan merupakan satu dari enam sub spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini serta termasuk ke dalam satwa kritis terancam punah. Populasi liar diperkirakan hanya sebanyak 400-500 ekor terutama hidup di taman-taman nasional di Sumatera.

Pelepasliaran orangutan. (KLHK)
Pelepasliaran orangutan. (KLHK)

5. Orangutan

Orangutan hidup di hutan tropis Indonesia khususnya dari pulau Kalimantan dan Sumatera. Primata ini sebenarnya hanya dapat ditemui di hutan Borneo dan Sumatera serta memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Sayangnya, hasil laporan menyebutkan bahwa 80 persen habitat asli mereka telah rusak selama 20 tahun terakhir ini.

6. Komodo

Diakui sebagai kadal terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini, hewan asli Indonesia ini hanya ditemui di pulau Komodo dan mereka merupakan puncak dari rantai makanan di daerah tersebut. Sekarang habitat komodo yang sesungguhnya telah menyusut akibat aktifitas manusia.

7. Pesut Mahakam

Pesut mahakam adalah mamalia yang sering disebut sebagai lumba-lumba air tawar yang statusnya terancam punah. Pesut ini dinamakan pesut mahakam karena banyak ditemui di sungai Mahakam, berdasarkan data tahun 2018 populasi hewan ini tinggal 80 ekor saja di sungai-sungai Kalimantan dan menempati urutan tertinggi dari satwa asli Indonesia yang terancam punah.

Barang bukti burung cendrawasih kuning ditunjukkan saat ungkap kasus  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37723/Perdagangan'>perdagangan</a>  satwa dilindungi di Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (18/10/2021).(ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Barang bukti burung cendrawasih kuning ditunjukkan saat ungkap kasus perdagangan satwa dilindungi di Polresta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (18/10/2021).(ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

8. Burung Cendrawasih

Burung ini merupakan spesies burung terindah maka tak salah burung cendrawasih dapat julukan bird of paradise. Burung yang menjadi maskot Papua ini, termasuk ke dalam spesies dilindungi karena banyaknya perburuan yang kerap terjadi.

9. Burung Maleo

Burung maleo adalah jenis burung gosong berukuran sedang dengan panjang sekitar 55 cm. Yang unik dari burung ini adalah saat baru menetas anak maleo sudah bisa terbang, namun saat ini burung maleo sudah terancam punah karena habitatnya yang semakin sempit dan telur-telurnya yang diambil oleh manusia. Diperkirakan jumlahnya kurang dari 10 ribu ekor saat ini.

10. Babi Rusa

Babi rusa adalah marga dari babi liar yang hanya terdapat di sekitar pulau Sulawesi dan Maluku. Habitat babi rusa banyak ditemukan di hutan hujan tropis, hewan ini gemar memakan buah dan tumbuhan. Mereka hanya berburu makanan pada malam hari untuk menghindari binatang buas yang sering menyerang.

Video Terkait