Berkah Balap Dunia di Lombok, Suplai Ayam Dari Peternak Meningkat

Sahar, peternak ayam di Lombok Tengah, NTB. (Foto: Sariagri/Yongki)

Editor: M Kautsar - Jumat, 19 November 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Sejumlah peternak unggas di Dusun Jero Bunut, Desa Truwai, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB ketiban berkah dari adanya perhelatan balap dunia yakno world superbike yang tengah berlansung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Bagaimana tidak, meningkatnya kunjungan wisatawan yang menonton ajang bergengsi tersebut membuat kebutuhan daging meningkat, terutama di sejumlah hotel dan restoran di kawasan ekonomi khusus mandalika.

Sahar, salah seorang peternak unggas yang mengelola setidaknya ribuan ekor ayam di dekat kawasan ekonomi khusus mandalika mengaku ketiban untung berlipat karena ramainya pesanan ayam.

"Alhamdulillah banyak yang pesan, sekarang ini saya memiliki stok 48 ribu ekor ayam siap panen, untuk mencukupi kebutuhan daging sejumlah restoran," ungkap Sahar.



Setiap harinya, Sahar dan para peternak yang lain mengaku menerima pesanan ratusan hingga ribuan ekor ayam untuk restoran dan rumah makan, namun dinilai kurang optimal, karena sejumlah hotel masih menyuplai daging dari luar daerah.

"Terkadang ada juga daging yang datang dari luar, kalau tidak begitu stok kita cepat habis dan laku banyak," terangnya.

Dengan potensi yang mereka miliki, para peternak yakin bisa mencukupi kebutuhan daging ayam di seluruh hotel dan restoran di kawasan mandalika.

"Sekarang ini saja banyak yang mau menetas telurnya, kurang lebih seminggu lago stok ayam bertambah," paparnya.

Baca Juga: Berkah Balap Dunia di Lombok, Suplai Ayam Dari Peternak Meningkat
Mengenal Ayam Pakhoy, Petarung Penumpas 'Setan' dari Thailand



Keberadaan sirkuit mandalika dan keindahan destinasinya diharapkan bisa menghidupkan kembali geliat ekonomi warga lokal, yang selama 2 tahun terdampak pandemi.

"Mudah-mudahan saja kedepan bisa tetap begini, agar ekonomi kita bisa terbantu juga," pungkasnya.

Video Terkait