Hasilkan Cuan Lebih Besar, Mantan Karyawan Bank Ini Pilih Beternak Bebek

Danu mantan karyawan bank memilih jadi peternak bebek (Youtube Peternak Muda)

Penulis: Dera, Editor: Reza P - Kamis, 18 November 2021 | 16:20 WIB

Sariagri - Meski sudah tujuh tahun bekerja di sebuah bank, namun pria satu ini justru memilih meninggalkan profesinya dan lebih memilih beternak bebek. 

“Kalau awal (ternak) bebek lihat-lihat di Youtube, akhirnya dicoba di belakang rumah. Awal coba 50 ekor, belum ada modal, belum ada skill, belum pernah ternak,” ujar Danu peternak bebek asal Lampung, seperti dikutip Sariagri dari Channel Youtube Peternak Muda, Kamis (18/11/2021).

Danu menceritakan modal yang digunakan untuk memulai peternakan bebeknya yaitu dari fasilitas kartu kredit saat dia kerja di bank. Dikatakannya, dari 50 ekor bebek yang dipeliharanya tersebut dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

“Kita coba 50 ekor itu, dari situ Alhamdulillah sehari uang sayur, uang dapur itu lepas lah (tercukupi), saya fikir kenapa gak dikembangkan sekalian,” katanya.

Kendala beternak bebek

Danu mengungkapkan salah satu kendala atau penyakit dalam beternak bebek yaitu penyakit mata biru, di mana pada kondisi tersebut membuat hewan ternak lama kelamaan akan mati. Untuk mengatasi hal tersebut, lanjut dia, kebersihan kandang harus diutamakan, pemberian pakan yang baik juga sangat diperlukan.

“Kematian mata biru bisa teratasi pakai jamu tolak bala, diaplikasikan di pakan. Kalau cuaca normal bisa diberikan sebulan dua kali, tapi kalau cuaca ekstrem hujan terus satu minggu sekali,” ungkapnya.

Baca Juga: Hasilkan Cuan Lebih Besar, Mantan Karyawan Bank Ini Pilih Beternak Bebek
Sempat Diremehkan Jadi Peternak, Ini Kisah Rosul Sukses Jual 55.000 Butir Telur Bebek Tiap Minggu

Bebek yang dikembangkan saat ini, lanjut Danu, yaitu khusus bebek konsumsi. Dia menyebutkan bahwa dari usaha ternak bebeknya tersebut, penghasilan yang didapatkan olehnya diakui lebih besar daripada penghasilan saat menjadi karyawan bank.

“Cukup, Insya Allah lebih (dari penghasilan di Bank). Beternak sekarang menjadi lifestyle milenial,” imbuhnya.

Video Terkait