Wajib Tahu, Benarkah Kucing Punya 9 Nyawa? Ternyata Begini Penjelasannya

Ilustrasi kucing (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 17 November 2021 | 15:20 WIB

Sariagri - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit masyarakat di seluruh dunia selain anjing. Pasalnya, kucing memiliki penampilan yang menggemaskan dan tingkah yang lucu. Akan tetapi, terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa kucing memiliki 9 nyawa.

Meski terbilang aneh, rupanya ada penjelasan dibalik mitos tersebut. Seorang staf dokter hewan di Best Friends Animal Society yang berada di New York, Michelle Lugones mengatakan bahwa mitos tersebut berasal dari dewi Mesir Kuno, Bastet.

Michelle mengungkapkan bahwa Dewi Bastet mempunyai perwujudan kepala kucing dengan tubuh manusia, di mana hal itu menyiratkan bahwa dia mempunyai banyak kehidupan. Bahkan, terdapat banyak dewa Mesir yang mempunyai sifat yang sama dan digambarkan sebagai kucing.

Michelle juga menjelaskan bahwa secara genetik tidak ada banyak perbedaan antara kucing peliharaan dan kucing liar. Terlepas dari mitos kucing memiliki 9 nyawa, rupanya kucing memiliki karakteristik liar dan naluri bertahan hidup alami.

Baca Juga: Wajib Tahu, Benarkah Kucing Punya 9 Nyawa? Ternyata Begini Penjelasannya
Aksi Relawan Istanbul Bangun Rumah Penampungan Kucing Liar di Taman

"Mereka telah mempertahankan banyak karakteristik liar dan naluri bertahan hidup alami seperti kemampuan mereka untuk menguntit, berburu, dan menerkam mangsanya, apakah itu hewan kecil di luar, atau mainan yang kita miliki untuk mereka di dalam rumah kita," katanya Michelle, dikutip dari dailypaws.

Disisi lain, kucing juga memiliki insting lain yang dikenal sebagai 'refleks meluruskan'. Mereka secara naluriah dapat meluruskan tubuh mereka untuk mendarat di kaki saat jatuh. Tetapi tergantung pada tingkat keparahan jatuhnya, dimana kucing tidak selalu dapat menempatkan kaki terbaiknya di depan sehingga cidera serius bisa terjadi.

Video Terkait