Tak Takut Disengat Lebah Hingga Usaha Madunya Bisa Dipasarkan Seluruh Indonesia

Eureka Indra Zatnika mendirikan Madu Pak Lebah. (Foto: IPB University)

Penulis: M Kautsar, Editor: Reza P - Rabu, 17 November 2021 | 12:40 WIB

Sariagri - Kecintaannya terhadap dunia perlebahan membuat Eureka Indra Zatnika memutuskan untuk terjun langsung menjadi petani lebah.

Sejak 2013, Indra memulai usaha peternakan lebah dengan nama Madu Pak Lebah di kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menurutnya, saat itu masih jarang sekali orang yang mengkonsumsi madu di kawasan Jabodetabek. 

"Saya sempat (bekerja) di dunia perlebahan, awalnya takut tapi setelah merasakan sengat lebah kemudian saya merasakan hasil dari lebah sehingga saya mulai mencintai (dunai perlebahan)," kata Indra dikutip dari Channel Youtube CapCapung, Rabu (17/11). 

"(Usaha Madu Pak Lebah) mulai berdiri sendiri tahun 2013, saat itu masih jarang sekali masyarakat yang konsumsi madu, khususnya di kawasan Jabodetabek," lanjut dia.

Sama seperti pengusaha lainnya, Indra mengaku mengalami banyak tantangan pada saat menjadi peternak sekaligus penjual madu di dalam negeri. Salah satunya adalah pertanyaan masyarakan mengenai keaslian produk madu yang dijulanya. 

"Pemasaran awal itu sangat susah, karena masyarakat Indonesia itu dengan itu sangat sensitif sekali dan banyak sekali pertanyaan kritis mengenai madu asli madu palsu tapi kita yakin bahwa Madu Pak Lebah ini murni dan produk kami juga dari hasil pemanenan dari peternakan sendiri dan masyarakat sudah merasakan khasiatnya sehingga alhamdulillah sekarang madu lebah penjualan sudah dari Sabang sampai Merauke," jelas dia. 

Saat ini, Indra telah menghasilkan lebih dari 50 kilogram madu yang dibudidayakan di dua tempat, yaitu kabupaten Bogor dan juga Cikampek. Dalam hal pemasaran, Indra masih memiliki direct sales di Botani Square dan Transmart Bogor.

Baca Juga: Tak Takut Disengat Lebah Hingga Usaha Madunya Bisa Dipasarkan Seluruh Indonesia
Wanita Asal Jambi Ini Sukses Jadi Peternak Lebah dan Pengusaha Madu, Kantongi Omzet Rp150 Juta

"Untuk pemasaran kami via online kita ada di beberapa market online kemudian kita ada direct selling di Botani Square XXI Kota Bogor di Transmart di beberapa tempat yang lain," jelas dia. 

Selain itu, madu dari peternakan milik Indra ini juga dipasok ke beberapa pabrik untuk diolah menjadi berbagai jenis produk termasuk sabun dan produk kecantikan lainnya.

Video Terkait