Flu Burung Menyebar ke Negara Eropa Ini, 650 Ribu Unggas Terinfeksi

Ilustrasi peternakan unggas. (Pixabay/Xuân Tuấn Anh Đặng)  

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 9 November 2021 | 19:10 WIB

Sariagri - Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (World Organisation for Animal Health/OIE) mengumumkan Polandia telah melaporkan adanya wabah flu burung H5N1 di beberapa peternakan unggas, dengan total sekitar 650 ribu unggas terinfeksi.

Polandia sendiri dikenal sebagai produsen unggas terbesar di Uni Eropa, seperti dilansir dari reutersTercatat ada lima kasus flu burung di negara tersebut, empat di antaranya di peternakan penggemukan kalkun dan satu di peternakan ayam broiler.

Kasus flu burung paling sering terjadi karena dibawa dari satu negara ke negara lain melalui migrasi burung liar. Wabah itu menyebar dengan cepat di Eropa dan meningkatkan kekhawatiran di industri unggas lantaran wabah sebelumnya menyebabkan pemusnahan puluhan juta unggas dan pembatasan perdagangan internasional.

Pada hari Jumat kemarin, Pemerintah Prancis telah menempatkan seluruh wilayah di negaranya dalam status siaga tinggi flu burung. Kondisi itu mengharuskan banyak peternak untuk menjaga semua kawanan unggas di dalam ruangan.

Baca Juga: Flu Burung Menyebar ke Negara Eropa Ini, 650 Ribu Unggas Terinfeksi
Wajib Waspada! Kasus Flu Burung pada Manusia Kembali Meningkat di China

Otoritas Belanda pada bulan lalu juga memerintahkan peternakan komersial agar memasukkan seluruh ternak ke dalam kandang setelah menerima laporan adanya kasus flu burung di sebuah peternakan. Sementara itu di Inggris, wabah flu burung H5 dilaporkan terjadi di unit unggas kecil di Inggris tengah pada hari Senin.

Inggris pekan lalu mendeklarasikan Zona Pencegahan Flu Burung nasional, memerintahkan peternakan dan pemelihara burung untuk memperketat tindakan biosekuriti.

Video terkait:

Video Terkait