Kisah Perjuangan Anjing Berjalan dengan Dua Kaki Viral dan Menginspirasi Banyak Orang

Dexter, anjing Brittany Spaniel terkenal karena kemampuannya berjalan dengan dua kaki. (Instagram @dexterdogouray)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 7 November 2021 | 16:00 WIB

Sariagri - Dexter, anjing Brittany Spaniel menjadi sorotan dan terkenal karena kemampuannya berjalan dengan dua kaki. Kemampuan istimewa itu dipelajarinya sejak Dexter kehilangan kedua kaki depannya akibat kecelakaan.

Kisah perjuangan Dexter menginspirasi banyak orang. Dilansir Oddity Central, Dexter mengalami kecelakaan saat berusia satu tahun. Saat keluar dari halaman rumah pemiliknya di Ouray, Colorado, AS, r s Dexter ditabrak sebuah van sehingga terluka parah.

Beruntung, beberapa saat kemudian Dexter ditemukan suami pemiliknya, Tim Pasek yang langsung membawanya ke dokter hewan. Salah satu kaki depannya harus diamputasi, sedangkan lainnya telah mengalami kerusakan parah.

Setelah prosedur penyelamatan selama 45 menit, nyawa Dexter dapat tertolong. Sejak saat itu, Dexter berjuang dan belajar berjalan dengan kedua kaki belakang.

"Kami membawanya 45 menit ke dokter hewan, dokter menyelamatkan hidupnya,” ujar pemilik Dexter, Kentee Pasek kepada Newsweek.

Dua bulan setelah kecelakaan, pemiliknya membawanya Dexter ke halaman depan. Saat itu Dexter berdiri dengan kaki belakang dan berjalan ke teras. Kentee dan suaminya khawatir Dexter akan jatuh dan terluka. Kaki depan Dexter rusak parah setelah kecelakaan sehingga pemiliknya membelikannya roda khusus agar dia bisa berkeliling dengan lebih mudah.

Awalnya Dexter menggunakan roda khusus itu tetapi kemudian pada suatu hari anjing itu bangkit menggunakan kaki belakangnya dengan roda tergantung di perutnya seolah-olah mengatakan dia tidak membutuhkannya lagi. 

"Reaksi saya benar-benar kaget dan tidak percaya. Saya menelepon dokter hewan dan diputuskan bahwa Dexter lebih aman berjalan tegak jika dia mau tanpa roda daripada berjalan tegak dengan roda terpasang," kata Kentee Pasek.

Kemampuan Dexter beradaptasi dan menggunakan kaki belakangnya setiap kali bergerak cepat telah menjadi sensasi online. Video yang diposting pemiliknya ke TikTok, Instagram, dan platform media sosial lainnya secara teratur menjadi viral, dengan beberapa di antaranya telah ditonton jutaan kali.

Beberapa komentar dalam video Dexter mengungkapkan kekhawatirannya dengan ketegangan pada punggung dan kaki belakang anjing itu. Namun, Kentee Pasek menjelaskan bahwa Dexter menjalani pemeriksaan rutin dan kekhawatiran sebenarnya adalah kaki depannya yang menyebabkan anjingnya sangat kesakitan saat tekanan barometrik berubah.

"Dia mengembangkan paha angkat besi yang besar. Itu adalah keinginannya untuk beradaptasi. Dia memiliki ketahanan yang luar biasa," kata dokter hewan Dexter kepada Denver Post.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Anjing Berjalan dengan Dua Kaki Viral dan Menginspirasi Banyak Orang
Kisah Anjing Setia Menjaga 'Saudara' Tuli dan Majikannya yang Lumpuh



Pemilik Dexter berharap hewan peliharaannya itu bisa panjang umur dan bahagia dan bisa tetap berjalan tegak tanpa mengalami kondisi serius seperti perpindahan pinggul.

"Kami bersyukur masih memiliki Dexter dalam hidup kami,” kata Kentee Pasek.

“Kami tidak tahu apakah kami akan memilikinya sehari, seminggu atau sebulan. Dokter hewan mengatakan dia mungkin bertahan empat tahun seperti ini dan sekarang pada bulan April, dia akan berusia tujuh tahun," katanya.

Video terkait:

Video Terkait