Kisah Anjing Setia Menjaga 'Saudara' Tuli dan Majikannya yang Lumpuh

Lily anjing setia yang menjaga saudara dan majikannya. (Bored Panda)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 5 November 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Anjing Retriever Labrador berwarna hitam bernama Lily sepanjang hidupnya mengemban tugas amat mulia. Tidak hanya menjaga pemiliknya yang duduk di kursi roda, ia bahkan dengan setia menjadi penuntun Kinley, seekor anjing yang mengalami tuli.

Pada awalnya, Lily hanyalah anjing penjaga yang bertugas menjaga Bridget, majikannya yang lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Namun setelah Kinley diketahui mengalami masalah pendengaran atau tuli, Lily belakangan mendapat tugas baru, menjadi penuntun bagi Kinley, anjing Bridget yang lain.

Sejak itu, keduanya dengan cepat menjadi teman baik. Bridget mengaku, saat mereka berniat jalan-jalan, hanya dengan mengatakan "Ambil Kinley", maka Lily dengan sigap akan memberi tanda pada Kinley dengan memukul hidungnya.

Lily sangat membantu untuk memberikan tanda atau sinyal bagi Kinley. Tanpa tanda dari Lily, anjing tuli itu akan selalu cemas dan kebingungan untuk memahami lingkungan di sekitarnya.

Bridget pun berbagi cerita tentang persahabatan mereka yang indah. “Mereka saling mencintai dan saling menjaga. Saya pikir ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari Lily dan Kinley," ujarnya, kepada Bored Panda.

Bridget pun mengisahkan tentang bagaimana  Kinley kehilangan pendengarannya: “Kinley adalah Labrador kuning berusia 9 tahun dan saya sudah memilikinya sejak dia berusia 8 minggu. Dia memiliki beberapa cacat neurologis yang mengakibatkan dia kehilangan pendengarannya ketika dia berusia sekitar 6 bulan. Kami mengajarinya tanda-tanda untuk berkomunikasi dengannya dan dia menjalani kehidupan yang sangat bahagia dan sehat," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Anjing Setia Menjaga 'Saudara' Tuli dan Majikannya yang Lumpuh
Hari Ini! 26 Agustus Hari Anjing Internasional, Begini Sejarah dan Tujuannya



Bridget juga  mengaku bersyukur dengan keberadaan Lily, yang membantunya mengatasi berbagai persoalan di tengah keterbatasannya.

“Saya melatihnya sebagai anjing layanan mobilitas saya, yang berarti dia melakukan tugas-tugas yang membantu mengurangi kecacatan fisik saya. Saya mengajarinya 'Pergi mendapatkan bantuan' untuk contoh di mana saya membutuhkan lebih banyak bantuan. Saya pikir itu memberikan dasar baginya untuk 'Go get Kinley.", ujarnya, seraya menambahkan Lily dan Kinley selalu menghabiskan waktu bersama.


 

Video Terkait