Masuk Musim Penghujan, Peternak Madu Ini Siap Panen dengan Omzet Mencapai Rp5 Juta per Bulan

Peternak lebah madu Supingi . (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 4 November 2021 | 19:10 WIB

Sariagri - Musim penghujan menjadi cuaca yang paling dinantikan oleh para peternak lebah madu yang ada di Desa Jetak, Kecamatan tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pasalnya, pada musim ini, bunga banyak bermekaran, sehingga kerja lebah madu dalam berproduksi pun meningkat.

Harapan ini seperti yang diungkapkan Supingi (52 tahun) salah seorang peternak lebah madu di Desa Jetak. Berlokasi di teras belakang rumah, ia dibantu satu pekerja membuat puluhan kotak berbahan kayu bekas untuk dijadikan kandang lebah madu.

Selain itu, ia juga memperbaiki belasan kotak lebah madu yang mengalami kerusakan. Sebagian lagi sisanya, ia bersihkan bagian dalamnya yang kotor akibat dijadikan sarang semut.

“Perawatan seperti ini dilakukan rutin saya lakukan pada bulan-bulan tertentu jelang musim penghujan. Hal ini juga sebagai persiapan untuk menyongsong musim bunga atau musim produktif madu, “ terang peternak lebah madu, Supingi kepada Sariagri, Kamis (4/11/2021).

Ia menambahkan pada musim bunga saat datang penghujan, produktifitas madu miliknya cukup bagus. Dalam satu bulan ia bisa panen hingga puluhan liter madu asli dengan harga jual Rp150.000 tiap 800 mili liter dan Rp30.000 tiap 150 mililiter.

“Satu bulan panen bisa menghasilkan 30 botol dengan berat masing-masing 800 mili liter. Per botol ukuran sedang ini saya jual Rp150.000. sedangkan untuk ukuran kecil bisa diproduksi madu sebanyak 20 botol dengan harga per botol Rp30.000," bebernya.

Baca Juga: Masuk Musim Penghujan, Peternak Madu Ini Siap Panen dengan Omzet Mencapai Rp5 Juta per Bulan
Lebah Asli Australia Ini Hasilkan Madu yang Baik untuk Penderita Diabetes

Dari penjualan ini, setiap bulan rata-rata ia mampu meraup omzet sekitar Rp5.100.000. Umumnya pelanggan yang datang membeli madu di kandang Supingi, berasal dari sejumlah kota besar di Jawa Timur.

“Pelanggan selain dari sekitar Pacitan, juga banyak yang berasal dari kota besar, seperti Surabaya, Malang hingga Banyuwangi. Mereka bilang madu asli ini mampu meningkatkan sistim kekebalan tubuh sehingga bisa menangkal virus corona, “ tukasnya.

Video terkait:

Video Terkait