Heroik, Anjing Ini Dapat Penghargaan karena Selamatkan 100 Koala dari Kebakaran

Seekor anjing pemberani, Bear. (Instagram)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 1 November 2021 | 22:30 WIB

Sariagri - Seekor anjing pemberani, Bear berusia 6 tahun dinobatkan sebagai pahlawan dan diberi penghargaan dari Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan (IFAW). Penghargaan itu diberikan setelah ia berhasil menyelamatkan lebih dari 100 koala yang terluka dari kebakaran hutan Australia pada 2019–2020.

Melansir Good News Network, Bear dilatih di Australia di University of the Sunshine Coast, tempat tim Deteksi Anjing untuk Konservasi mengajari mantan anjing penyelamat itu untuk menggunakan indra penciumannya yang tinggi untuk memburu koala yang terluka dalam timbunan puing dan abu kebakaran.

Rekan Peneliti Dr Romane Cristescu, yang memimpin tim USC, mengatakan Bear menerima "tepukan ekstra" melalui video selama acara IFAW Animal Action Awards di House of Lords London.

Dia mengatakan indra penciuman Bear bersama dengan antusiasmenya untuk bermain, membuatnya ideal untuk proyek penelitian seperti mengenali aroma bulu koala di semak-semak. IFAW, yang mensponsori Bear, mengatakan bahwa anjing itu telah menjadi “secercah harapan” saat ia mencari habitat yang terbakar untuk membantu tim USC/IFAW dan mitra mereka menyelamatkan lebih dari 100 koala.

Kepahlawanannya membuatnya terkenal di seluruh dunia melalui halaman Instagram-nya, BearTheKoalaDog. Sebelumnya, Bear berada di penampungan hewan setelah mantan pemiliknya menyerahkannya karena masalah perilaku yang disebabkan oleh "energi tak terbatas dan antusiasme obsesif untuk bermain".

Baca Juga: Heroik, Anjing Ini Dapat Penghargaan karena Selamatkan 100 Koala dari Kebakaran
Misterius! Buta Sejak Lahir, Anjing Ini Bisa Beraktivitas Normal seperti yang Lainnya

Dr Cristescu, seorang ahli ekologi dan mantan dokter hewan, mengatakan anjing pendeteksi koala USC/IFAW terus berkontribusi untuk penyelamatan satwa liar dan penelitian dengan rekan-rekan anjing tim lainnya.

"Bear dan tim kami sedang mempelajari efek kebakaran hutan 2019-20 pada kesehatan koala dan kepadatan habitat bekerja sama dengan IFAW, ”katanya. Selain itu, Bear memiliki pekerjaan harian yang berkelanjutan untuk menemukan koala untuk misi penyelamatan, bekerja sama dengan kelompok penyelamat lokal. “Dia selalu dengan senang hati memberikan kesempatan untuk menemukan koala sebagai bagian dari kegiatan penelitian lainnya dari Anjing Deteksi untuk Konservasi," tambahnya.

Video terkait:


Video Terkait