Dituduh Berkonspirasi Naikkan Harga, 19 Produsen Ayam di AS Digugat

Ilustrasi - Peternakan ayam.(Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:50 WIB

Sariagri - Pemerintah negara bagian Washington Selasa (26/10) menggugat 19 produsen ayam atas tudingan menaikan harga secara ilegal. Pihak Kejaksaan menuding, ke 19 produsen telah berkonspirasi secara ilegal untuk menaikkan harga dan melanggar Undang-Undang Konsumen.

Jaksa Agung Washington Bob Ferguson mengatakan 19 perusahaan yang disebutkan dalam gugatan itu menyumbang sekitar 95 persen dari semua penjualan ayam broiler di Amerika Serikat. Ayam broiler adalah ayam yang dipelihara untuk diambil dagingnya, termasuk ayam mentah yang dijual di toko kelontong dan yang dibuat menjadi chicken nugget dan sandwich di restoran.

Ferguson menuduh perusahaan melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen negara bagian dengan berkoordinasi untuk mengurangi pasokan dan tawaran kontrak rig untuk memanipulasi dan menaikkan harga. Departemen Pertanian AS mengatakan ayam broiler memiliki penjualan grosir antara 21 miliar dolar AS dan 33 miliar dolar AS setiap tahun dari 2008 hingga 2018.

Baca Juga: Dituduh Berkonspirasi Naikkan Harga, 19 Produsen Ayam di AS Digugat
Begini Tips Tingkatkan Produksi Ayam Kampung



"Jika Anda makan ayam dalam satu dekade terakhir, konspirasi ini menyentuh dompet Anda," kata Ferguson, seperti dilaporkan UPI.com, belum lama ini.

"Konspirasi ini menghabiskan lebih banyak uang bagi keluarga kelas menengah dan berpenghasilan rendah di Washington untuk menyediakan makanan di meja mereka. Saya akan meminta pertanggungjawaban perusahaan-perusahaan ini atas keuntungan yang mereka peroleh secara ilegal dari keluarga pekerja keras Washington," tambahnya.

Perusahaan yang disebutkan dalam gugatan itu termasuk Tyson Foods Inc., Pilgrim's Pride Corp., Sanderson Farms Inc., Perdue Farms Inc., Koch Foods Inc., Foster Farms LLC, Mountaire Farms Inc., Wayne Farms LLC, Amick Farms LLC, George's Inc., Peco Foods Inc., House of Raeford Inc., Fieldale Farms Corp., Case Foods Inc., Mar-Jac Poultry, Claxton Poultry Farms, Simmons Foods Inc., OK Foods Inc. dan Harrison Poultry Inc. Gugatan itu juga menyebut Agri Stats, sebuah perusahaan yang mengumpulkan dan mendistribusikan data industri.

Video Terkait