Jarang Diketauhi! Ini 6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Kucing

Ilustrasi kucing (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Tak hanya bermanfaat untuk manusia, rupanya minyak ikan juga baik untuk hewan peliharaan kita di rumah termasuk kucing. Ada dua bahan utama dalam minyak ikan yakni asam lemak eicosapentoaenoic (EPA) dan docosahexaenoic (DHA).

Baik EPA dan DHA adalah rantai panjang atom karbon dan hidrogen terikat dengan gugus karboksil di ujungnya. Asam ini disebut juga asam lemak Omega 3 karena ikatan rangkap pertama terjadi setelah atom karbon ketiga.

Menurut Journal of Veterinary Internal Medicine, asam lemak omega-3 terutama EPA dan DHA, ternyata sangat bermanfaat dalam beberapa pengobatan penyakit pada hewan.

Ini 6 manfaat minyak ikan untuk kucing, dikutip dari berbagai sumber.

1. Tingkatkan Fungsi Kognitif dan Perekmbangan Neurologis

Sebuah studi dari A Hill's Pet Nutrition menjelaskan bahwa DHA pada kucing dapat meningkatkan keterampilan tertentu dibandingkan dengan mereka yang tidak menerima DHA tambahan. Selain itu, fungsi kognitif kucing yang sudah menurun juga bisa diatasi dengan konsumsi minyak ikan.

2. Turunkan Kadar Trigliserida Darah

Kucing dengan kadar trgiliserida tinggi dapat memperparah beragam penyakit pada kucing seperti radang usus, pankreatitis hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, ketika kamu memberikan minyak ikan pada kucing, maka dapat menekan kadar trigliserida pada darah kucing.

Meski minyak ikan cukup populer untuk kucing, penting untuk tetap hati-hati saat memilih merk minyak ikan supaya formulasi yang digunakan tepat sasaran.

3. Bantu Sembuhkan Rematik

Minyak ikan menurunkan produksi prostaglandin kuat yang merangsang peradangan pada persendian. Menurut Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascilar Biology, prostaglandin adalah autacoids lipid yang berasal dari asam arakidonat. Kedua kandungan tersebut dapat mempertahankan fungsi homeostatis dan memediasi mekanisme patogenik, termasuk respons inflamasi.

Untuk meredakan penyakit tersebut, kamu dapat memberi asupan minyak ikan untuk kucing sehingga mereka merasa lebih nyaman dan tetap gesit.

4. Perlambat Perkembangan Penyakit Ginjal

Kandungan minyak ikan yang diberikan pada seekor kucing yang alami gagal ginjal diketahui mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan produksi zat pro-inflamasi yang akan memperparah kondisi ginjal.

Sebuah penelitian pada 146 kucing, menunjukan bahwa kucing yang diberi tambahan asupan lemak omega 3 mampu hidup selama rata-rata 17 bulan dibanding mereka yang tidak menerima yang hanya mampu bertahan hingga 7 bulan.

Baca Juga: Jarang Diketauhi! Ini 6 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan Kucing
Mengapa Kucing Lebih Aktif di Malam Hari? Ini Jawabannya

5. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Minyak ikan ternyata memiliki manfaat untuk jantung kucing. Pasalnya kandungan omega-3 yang ada di dalam minyak ikan mampu meningkatkan kesehatan jantung untuk menormalkan detak jantung yang tidak teratur. Tak hanya itu, minyak ikan juga dapat bertindak sebagai anti-koagulan dan mencegah penggumpalan darah pada kucing yang menderita penyakit jantung.

6. Bantu Hilangkan Kulit Kering dan Bersisik

Salah satu manfaat minyak ikan untuk kucing adalah dapat mengurangi rasa gatal saat kucing mengalami alergi. Pasalnya, kandungan yang ada di dalam minyak ikan dapat melepaskan stimulator peradangan yang kuat atau biasa disebut dengan sitokin.

Video Terkait