Berikut Ini 8 Jenis Ayam Pedaging yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Ada dari India

Ilustrasi ayam pedaging yang ada di Indonesia. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 25 Oktober 2021 | 20:30 WIB

Sariagri - Daging ayam memang menjadi favorit masyarakat Indonesia, selain lezat rasanya, ia juga memiliki kandungan gizi yang sangat bagus. Selain itu, harga terjangkau dagingnya juga mudah diolah seperti digoreng, dibakar, dikukus, atau dimasak bersama sayuran.

Tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging ayam, membuat peternakan ayam pedaging terus berkembang dan banyak peminat. Namun, perlu diketahui ayam juga memiliki banyak jenis, terutama untuk ayam pedaging.

Karena itu, pasar ayam untuk konsumsi di Indonesia memiliki berbagai macam dan juga harganya berbeda pula. Kebanyakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, para peternak banyak beternak ayam broiler, ketimbang ayam kampung.

Berikut Ini 8 Jenis Ayam Pedaging yang Ada di Indonesia

1. Ayam kampung super (Joper)

Ayam Joper berasal dari hasil persilangan dua jenis ayam yang berbeda yaitu ayam bangok pejantan dengan ayam petelur betina. Jenis ayam kampung pedaging ini yang banyak dicari para peternak ayam, karena pertumbuhannya yang cepat sehingga cepat pula untuk dipanen dan dipasarkan. Dalam waktu dua bulan, seekor ayam joper sudah bisa memiliki bobot 1 kilo gram lebih.

2. Ayam broiler

Ayam berbulu putih ini merupakan salah satu jenis ayam pedaging yang paling populer di Indonesia. Sangat sering ditemui di pasar karena harganya terjangkau. Ayam potong broiler ini memiliki masa panen yang singkat yaitu hanya sekitar 35 hari saja. Oleh karena itu, beternak ayam broiler sangat cocok bagi peternak pemula.

3. Ayam kampung asli (AKA)

Ayam kampung asli biasa kita jumpai di wilayah pedesaan, dimana warga desa maupun peternak memeliharanya dengan cara yang sangat sederhana yaitu cukup diumbar atau dibiarkan berkeliaran dan diberi pakan seadanya. Namun demikian, AKA tetap dapat tumbuh sehat karena memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat.

4. Ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB)

Ayam unggulan ini termasuk dalam ayam dwiguna, artinya dapat dijadikan ayam petelur dan bisa dijadikan ayam potong/pedaging. Ayam KUB adalah jenis persilangan antar ayam kampung yang memiliki keunggulan spesifik dan merupakan hasil riset Badan Litbang Pertanian Bogor.

5. Ayam pejantan

Ayam pejantan ini termasuk dalam golongan ayam petelur tapi yang berjenis kelamin jantan, sehingga hanya dapat dimanfaatkan dagingnya. Harga jual dipasaran ayam pejantan biasanya lebih rendah dibanding yang lain.

6. Ayam brahma

Ayam brahma merupakan ayam potong yang berasal India. Postur tubuh ayam ini gagah, tinggi, besar dan memiliki bulu di bagian kakinya. Bobot ayam brahma bisa mencapai 5 kg per ekor, oleh karena itu biasa disebut ayam raksasa atau monster.

7. Ayam giant chocin

Baca Juga: Berikut Ini 8 Jenis Ayam Pedaging yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Ada dari India
Optimalisasi Manfaat Susu Unta Terus Dilakukan

Ayam giant chocin mirip seperti ayam brahma, berbadan besar dan berbulu lebat hingga menutupi kakinya. Berat ayam ini juga bisa mencapai 5 kg per ekor. Namun di Indonesia lebih sering dijadikan ayam hias, karena harganya yang tak murah.

8. Ayam pelung

Ayam pelung adalah ayam asli Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Ciri khasnya memiliki suara yang merdu mengalun ketika berkokok. Ayam ini berpotensi menjadi ayam pedaging, tapi lebih sering dijadikan sebagai ayam hias.

Video terkiait:

Video Terkait