Kisah Seekor Gajah Injak-injak Pemburu Liar Hingga Tewas Demi Selamatkan Kawanannya

llustrasi gajah. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Senin, 25 Oktober 2021 | 16:10 WIB

Sariagri - Seekor gajah menginjak-injak seorang tersangka pemburu liar hingga tewas di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Hal ini diduga dilakukan demi menyelamatkan kawanan gajah lainnya.

Mengutip dari CBS News, mayar pemburu liar itu ditemukan dalan kondisi mengenaskan oleh petugas penjaga taman nasional. Saat operasi pencegahaan perburuan, petugas menemukan mayat tersebut sudah dalam keadaan hancur.

Juru bicara taman nasional, Isaac Phaahla mengatakan jika pemburu liar itu tewas akibat diinjak oleh seekor gajah. Ia mengatakan bahwa seekor gajah diduga menginjak seorang pemburu demi menyelamatkan kawanan gajah tersebut.

"Penyelidikan awal menduga bahwa pria itu dibunuh oleh gajah dan ditinggalkan oleh kaki tangannya," kata Isaac kepada AFP.

Kasus yang sama juga sempat terjadi pada awal tahun 2021, di mana seorang pemburu diinjak-injak oleh kawanan gajah di taman nasional tersebut. Sedangkan di 2019, seorang pemburu badak juga didugaa dibunuh oleh seekor gajah dan mayatnya dimakan oleh singa.

Taman Nasional tersebut melaporkan pada Februari, bahwa populasi badaknya telah turun 70 persen selama dekade sebelumnya, menjadi di bawah 4.000.

Baca Juga: Kisah Seekor Gajah Injak-injak Pemburu Liar Hingga Tewas Demi Selamatkan Kawanannya
Miris! 'Hanya Kulit dan Tulang' Gajah di Bali Disorot Media Asing

Pada Selasa lalu, taman tersebut mengumumkan penangkapan empat pemburu badak. "Ada peningkatan 29,41 persen dalam jumlah pemburu yang ditangkap (22) dibandingkan dengan (17) untuk periode yang sama pada 2020," jelas Taman Nasional Kruger.

Kasus perburuan sempat turun akibat Taman Nasional Kruger membatasi perjalanan karena adanya pandemi COVID-19. Taman Nasional menjelaskan bahwa terjadi penurunan kasus perburuan liat hingga 37 persen dibandingkan tahun lalu.

Video Terkait