Ini Dia Cacing Lilin, Hewan Kecil yang Dapat Memakan Plastik

Ilustrasi Cacing Lilin (USA Today)

Editor: Reza P - Senin, 25 Oktober 2021 | 13:50 WIB

Sariagri - Sampah plastik merupakan masalah bagi umat manusia. Bagaimana bisa masalah sampah plastik ini bisa terselesaikan? Seekor ulat bisa memberikan jawaban tentang cara terbaik memberantas sampah plastik, masalah 300 juta ton per tahun.

Pada tahun 2017 para peneliti menemukan waxworm atau cacing lilin, yang mampu memakan jenis plastik yang umum termasuk polietilen, jenis plastik yang tidak dapat terurai yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

“Mereka adalah pemakan rakus selama tahap larva ini,” Kata Bryan Cassone, seorang profesor biologi di Universitas Brandon kepada USA TODAY.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal terbuka Proceedings of the Royal Society B menemukan bahwa mikroorganisme dalam usus cacing lilin membantu mereka mengonsumsi dan memetabolisme plastik.

Para peneliti di Brandon University di Manitoba, Kanada, menemukan bahwa cacing lilin mampu "menelan dan memetabolisme polietilen dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya" berkat mikroorganisme di usus mereka.

"Mikrobiota usus ulat tampaknya memainkan peran kunci dalam proses biodegradasi polietilen," tulis para peneliti.

Para peneliti menemukan jumlah yang lebih besar dari "kelimpahan mikroba" di usus ulat ketika mereka menelan plastik daripada ketika mereka makan makanan tradisional yang berasal dari sarang lebah.

Dalam cacing lilin, polietilen dimetabolisme menjadi glikol, yang dapat terurai secara hayati. Namun, cacing lilin bukanlah solusi akhir untuk sampah plastik. Larva lilin adalah hama bagi lebah, secara alami memakan sarang lebah dan berisiko mengurangi populasinya serta tanaman lainnya.

Lebih lanjut, masih belum jelas bagaimana proses penguraian plastik bekerja pada cacing lilin, dan bagaimana kesehatannya dipengaruhi oleh konsumsinya.

Baca Juga: Ini Dia Cacing Lilin, Hewan Kecil yang Dapat Memakan Plastik
Bisa Jadi Cuan, Begini Tips Budidaya Cacing Darah dengan Mudah

Harapannya, kata Cassone, adalah jika para peneliti dapat memanfaatkan bakteri usus yang membantu ulat memecah plastik dengan mudah, hal itu dapat digunakan untuk merancang cara yang lebih baik untuk menghilangkan plastik dari lingkungan.

"Kami membayangkan memanfaatkan cacing lilin dan mikrobiomanya untuk mengembangkan pendekatan yang tidak memerlukan seluruh organisme melainkan produk yang dihasilkan dari interaksi mereka untuk memecah plastik," kata Cassone.

Video Terkait