Ilmuwan Amerika Serikat Ubah Air Laut Menjadi Air Minum dengan Cara Unik

Ilustrasi - Ilmuwan menemukan cara agar air laut dapat dikonsumsi.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Sariagri - Tim Ilmuwan dari Northeastern University, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat (AS) berhasil mengembangkan teknologi air laut agar dapat diminum atau dikonsumsi. Uniknya, dalam prosesnya mereka memanfaatkan kotoran sapi dalam mengolah air laut hingga bisa dikonsumsi.

Proses transformasi air laut menjadi air layak konsumsi dimulai dengan mengumpulkan kotoran sapi segar dari peternakan. Selanjutnya limbah peternakan itu diolah dengan cara dipanaskan pada suhu 1700 derajat celcius.

Proses pemanasan dilakukan untuk mematikan semua bakteri yang terdapat pada kotoran sapi. Selain itu, proses pemanasan juga bertujuan mengubah kotoran sapi menjadi bubuk karbon yang kemudian diolah menjadi busa untuk menyaring garam pada air laut.

Dilansir dari laman India Times, saringan (nano - filter) yang terbuat dari kotoran sapi hanya membutuhkan sinar matahari untuk memproses air laut. Prosesnya tidak membutuhkan waktu lama.

Baca Juga: Ilmuwan Amerika Serikat Ubah Air Laut Menjadi Air Minum dengan Cara Unik
Jaga Higienitas, Tandon-tandon Air di Tulungagung Dipasangi Alat Ini

Salah satu profesor di Universitas Northeastern, Yi Zheng menjelaskan sistem desalinasi pada umumnya membutuhkan bahan mahal dan bukan salah satu alternatif yang bisa berkelanjutan. Selain itu sistem desalinasi pada umumnya boros dalam penggunaan listrik.

Menurut Yi Zheng, metode baru dengan memanfaatkan kotoran sapi yang dikerjakan timnya tidak hanya membutuhkan sedikit daya, tetapi juga efektif dalam mengurangi natrium. Bahkan mengalahkan standar industri yang ditetapkan Badan Perlindungan Lingkungan, AS untuk air minum.

Video terkait: