Jarang Diketahui! Inilah Alasan Mengapa Katak Suka Bersuara Nyaring Usai Hujan

Ilustrasi katak (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Sariagri - Katak merupakan salah satu binatang amfibi pemakanan serangga yang hidup di air tawar ataupun daratan. Umumnya, katak memiliki mata yang menonjol, tidak ada ekor dan kaki belakang berselaput kuat yang disesuaikan untuk melompat dan berenang.

Sebagian besar katak menghabiskan waktunya lebih lama di air, namun sebagian lainnya tetap hidup di darat, atau di sekitar pepohonan. Menariknya lagi, katak bisa mengeluarkan suara yang sangat nyaring hanya setelah hujan. Lantas apa alasannya katak suka bersuara usai hujan?

Ini alasan mengapa katak suka bersuara nyaring usai hujan, dikutip dari berbagai sumber.

1. Musim Kawin

Katak mengeluarkan suara nyaring usai hujan kemungkinan besar disebabkan oleh musim kawin mereka. Oleh karenanya, katak jantan akan bernyanyi dengan suara nyaring untuk menarik perhatian betina.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Inilah Alasan Mengapa Katak Suka Bersuara Nyaring Usai Hujan
Sederet Fakta Katak Cantik Pencabut Nyawa yang Terancam Punah

2. Banyak Makanan

Siapa sangka, rupanya katak mengeluarkan suara nyaring usai hujan karena ada makanan berlimpah untuk katak. Pasalnya, hujan membuat serangga keluar dari sarang dan cacing muncul ke permukaan. Nah, cacing dan serangga tersebutlah yang menjadi makanan katak ketika lapar.

3. Lingkungan Lembab

Katak merupakan binatang yang termasuk amfibi, namun demikian katak lebih suka berendam di dalam air atau berada disekitar air. Turunnya hujan menyebabkan banyak genangan dan kadar air di udara menjadi meningkat. Saat itulah katak akan keluar dari sarang dan mengeluarkan suara sepuas mereka hingga menemukan pasangannya.