Misterius! Buta Sejak Lahir, Anjing Ini Bisa Beraktivitas Normal seperti yang Lainnya

Anjing buta di Inggris. (goodnewsnetwork.org)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 11 Oktober 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Seperti anjing pada umumnya, tak ada yang aneh pada Dave, seekor anjing border Collie di Inggris. Hewan cerdas itu dapat berjalan, berlari juga menghindari genangan air. Sang pemilik pun tak pernah menyangka anjing gembalanya itu ternyata buta sejak lahir.

Kisah Dave memang sangat unik. Dokter hewan bahkan berpendapat, apa yang dialami oleh Dave adalah sebuah misteri medis.

Melansir Good News Network, pemilik anjing Jane Downes (69 tahun), mengatakan tak ada yang aneh dengan anjingnya dan ia dapat beraktivitas seperti biasa. “Tidak ada yang punya jawaban. Itu hanya teka-teki dan benar-benar aneh,”katanya.

“Dia anjing buta yang bisa melihat. Mungkin itu indra keenam, siapa tahu? tambahnya.

Jane mengisahkan, Dave telah tinggal bersamanya lebih dari satu tahun. Jane membeli Dave dari pusat penyelamatan hewan pada Februari 2020. "Dia melompat ke belakang mobil dan saya membawanya pulang. Pada beberapa kesempatan dia masuk ke berbagai hal, tetapi saya menganggapnya sebagai anjing gembala yang kemungkinan besar tinggal di gudang daripada di rumah." ungkap Jane, yang berasal dari Waterbeach, Cambs.

Ketika Dave tersandung langkah di toko hewan peliharaan di Cambridge, pemilik toko menyarankan kepada Jane bahwa anjingnya mungkin buta, jadi dia membawanya ke dokter hewan spesialis.

Ternyata, dari hasil pemeriksaan, Dave sudah buta sejak lahir. Setelah pengungkapan itu, Jane meminta bantuan David Williams dari Universitas Cambridge, seorang dokter mata hewan terkemuka. Dan dokter hewan itu mengaku apa yang dialami Dave ia sebut sebagai misteri medis.

Baca Juga: Misterius! Buta Sejak Lahir, Anjing Ini Bisa Beraktivitas Normal seperti yang Lainnya
Jangan Dipotong! Ini Fungsi 'Kumis' Buat Anjing Kesayangan Kamu



“Saya melihat banyak anjing buta dan mereka semua menabrak benda dengan cara yang tidak dilakukan Dave, adi saat ini dia adalah misteri medis. Hanya karena saya telah melakukan ini selama 33 tahun, bukan berarti saya telah melihat semuanya, dan ini tidak dapat saya jelaskan," ujarnya kepada media lokal.

Dilaporkan, Dave sekarang menikmati berjalan-jalan di rumah dengan saudara barunya Sammy, border collie berusia dua tahun, yang bergabung dengan keluarga Jane tahun lalu. “Dia mengejar anjing lain, meskipun dia tidak bisa melihatnya,” kata Jane.  “Dia membuat semua orang tertipu—bahkan saya sebagai pemiliknya, saya tertipu selama sembilan bulan," tambahnya.

Video Terkait