Mengintip Keunikan Festival Domba Akhir Musim Panas di AS

Ilustrasi - Kawanan domba.(Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 11 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Sariagri - Setiap tahun di akhir musim panas, negara bagian Idaho, Amerika Serikat (AS) menggelar tradisi unik yang melibatkan peternak. Kegiatan itu bertajuk Trailing of the Sheep Festival.

Untuk memeriahkan festival tahunan ini, para penggembala memandu ribuan domba rela menempuh perjalanan ratusan kilometer.

Trailing of the Sheep menjadi penanda akhir dari festival empat hari yang berlangsung di Kota Ketchum. Kegiatan ini untuk merayakan sejarah dan budaya penggembalaan domba yang penuh warna di AS bagian barat.

Dilansir Amusing Planet, peternakan domba dimulai di wilayah barat daya Idaho pada akhir 1860-an. John Hailey, seorang imigran Tennessee dan tokoh penting dalam politik Idaho membawa domba pertama ke Lembah Sungai Wood. Saat itu hanya ada 14.000 ekor domba yang diternakkan di wilayah Idaho.

Dalam waktu kurang dari 60 tahun, populasi domba bertambah menjadi 2,65 juta atau hampir enam kali lipat populasi manusia di negara bagian itu. Ketchum menjadi sentra utama domba, kedua setelah Sydney, Australia.

Pada zaman dulu, saat musim semi, domba-domba bermigrasi ke utara dari dataran rendah Idaho Selatan bergerak dalam kelompok berjumlah sekitar 1.500 ekor, melalui melalui lembah menuju padang rumput pegunungan musim panas.

Rute ini membawa domba-domba itu ke kawasan yang disebut Highway 75 melalui permukiman penduduk serta Kota Bellevue, Hailey dan Ketchum. Sejumlah domba lainnya melanjutkan perjalanan melewati puncak Galena ke Pegunungan Sawtooth.

Baca Juga: Mengintip Keunikan Festival Domba Akhir Musim Panas di AS
Hindari Kerja Kantoran, Pemuda Lulusan SMA Ini Sukses Usaha Penggemukan Domba

Pada musim gugur, domba-domba menelusuri jejak ke ladang yang lebih hijau di selatan dan kembali bermigrasi. Perjalanan domba-domba itu yang kini dirayakan sebagai Trailing of the Sheep Festival.

Selain parade domba, festival ini juga dimeriahkan berbagai kegiatan seperti kejuaraan anjing penggembala domba, kelas memasak domba, mencicipi daging domba, kelas fotografi domba, ceramah tentang domba, dan berbagai pertunjukan tarian tradisional.

Video terkait: