Luar Biasa! Anjing-anjing Ini Mampu Hafal 100 Lebih Nama Mainan

Seekor anjing jenius, Max. (The Guardian)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:30 WIB

Sariagri - Anjing dikenal sebagai salah satu binatang peliharaan yang memiliki kecerdasan luar biasa. Selain dapat memahami perintah, hewan berbulu ini juga dapat dilatih untuk menjalankan tugas tertentu. Namun, tidak semua anjing memiliki kemampuan sama untuk menghafal.

Sebuah penelitian selama 2 tahun menemukan enam ekor anjing yang memiliki daya ingat "luar biasa". Mereka adalah Max (Hongaria), Gaia (Brasil), Nalani (Belanda), Squall (AS), Whiskey (Norwegia), dan Rico (Spanyol). Anjing-anjing ini dikatakan "jenius" karena mampu menghafal nama lebih dari 28 mainan berbeda, bahkan beberapa diantaranya mengetahui lebih dari 100 mainan.

Anjing-anjing ini kemudian diikutsertakan dalam serangkaian eksperimen yang disiarkan langsung, antara lain melalui channel youtube, yang dikenal sebagai "Genius Dog Challenge".

"Anjing-anjing berbakat ini dapat mempelajari nama-nama baru mainan dengan kecepatan luar biasa," kata Dr Claudia Fugazza dari Universitas Eötvös Loránd di Budapest, yang memimpin tim peneliti, seperti dikutip theguardian.com.

"Dalam penelitian kami sebelumnya, kami menemukan bahwa mereka dapat mempelajari nama mainan baru setelah mendengarnya hanya empat kali. Tapi, dengan paparan singkat seperti itu, mereka tidak membentuk memori jangka panjang tentang nama benda itu,” imbuhnya.

Para pemilik anjing ditugaskan untuk mengajari mereka enam nama, dan kemudian 12 mainan baru dalam satu minggu.

"Ternyata, untuk anjing-anjing berbakat ini, (menghafal) ini bukan tantangan besar. Mereka dengan mudah mempelajari antara 11 hingga 12 mainan," kata Dr Shany Dror dari universitas yang sama.

Kecepatan belajar ini sebanding dengan bayi saat pertama kali menghafal kosa kata, dan ketika mereka tiba-tiba mulai merangkai kata-kata pada usia sekitar 18 bulan.

Anjing-anjing itu juga dapat mengingat nama-nama mainan itu ketika mereka diuji satu dan dua bulan kemudian. Penelitian ini dipublikasikan di Royal Society Open Science.

Semua anjing yang ambil bagian adalah anjing collie perbatasan, yakni jenis anjing penggembala yang awalnya dibiakkan untuk bekerja sebagai penggembala domba. Hanya sebagian kecil dari ras anjing yang mampu mengingat nama-nama mainan mereka.

Baca Juga: Luar Biasa! Anjing-anjing Ini Mampu Hafal 100 Lebih Nama Mainan
Lou, Dinobatkan sebagai Anjing dengan Telinga Terpanjang di Dunia



Anjing ras lain yang memiliki kemampuan menghafal termasuk anjing gembala Jerman, peking, gembala Australia mini, dan beberapa anjing ras campuran.




 

Video Terkait