Bulog Akan Salurkan 30 Ribu Ton Jagung Bersubsidi ke Peternak

Petani menjemur jagung hasi panen di Tuban (SariAgri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Minggu, 3 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Sariagri - Perum Bulog resmi ditugaskan untuk menyalurkan bantuan jagung bersubsidi sebesar 30 ribu ton. Jagung tersebut, nantinya akan didistribusikan ke koperasi dan dijual seharga Rp4.500 per kilogram (kg) kepada para peternak ayam petelur.

“Bantuan jagung sebanyak 30 ribu ton dinilai cukup hingga akhir tahun karena produksi jagung dalam negeri juga terus berlangsung,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/10). 

Dia menjelaskan, bahwa dalam kebijakan tersebut, Kemendag mendapatkan tugas menyiapkan skema sekaligus dana untuk mengganti selisih harga jagung yang dijual oleh Bulog kepada peternak. Rata-rata harga jagung dalam negeri saat ini naik hingga di atas Rp5.000 per kg.

“Bulog juga harus menyalurkan atau menjual jagung kepada peternak seharga Rp4.500 per kg. Selisih tersebut yang nantinya harus diganti oleh Kemendag dengan dari dana Cadangan Stabilitasi Harga Pangan (CSHP),” terangnya.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Isy Karim menjelaskan, penugasan kepada Bulog sesuai hasil rapat koordinasi terbatas level Kemenko Perekonomian pada 22 September 2021 lalu.

Baca Juga: Bulog Akan Salurkan 30 Ribu Ton Jagung Bersubsidi ke Peternak
Tepis Isu Jagung Langka, Mentan Syahrul Langsung Cek Stok Jagung Pabrik Pakan

“Penugasan dilakukan melalui Menteri BUMN kepada Bulog,” ujar Isy.

Isy menjelaskan, dalam skema pengadaannya dan penyaluran jagung tersebut, juga disepakati margin sebesar 10 persen bagi Bulog. Adapun jagung bersumber dari produksi dalam negeri dan Kementan bertanggung jawab atas penyediaan jagung sebanyak 30 ribu ton dalam waktu satu pekan sejak diputuskan dalam Rakortas.

“Kementan juga bertugas menetapkan kriteria peternak penerima bantuan jagung beserta besaran volumenya.” pungkasnya.

Video Terkait