Begini Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah, Salah Satunya Pakai Garam

Ilustrasi tikus mencit. (Foto: Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 1 Oktober 2021 | 18:00 WIB

Sariagri - Tikus merupakan salah satu hewan pengganggu yang keberadaannya tidak diinginkan dirumah. Pasalnya hewan pengerat yang satu ini bisa mengotori, merusak dan mengambil makanan yang ada di dalam rumah.

Tak hanya merusak, tikus ternyata juga bisa membawa penyakit berbahaya seperti pes. Hal ini dikarenakan tubuh tikus itu sendiri terdapat jutaan bakteri yang bisa membahayakan manusia.

Untuk membasminya, sebagian orang beranggapan bahwa mengusir tikus bukanlah hal yang mudah, akan tetapi bukan berarti tak bisa dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus dari rumah, yakni menggunakan bahan alami.

Begini cara ampuh usir tikus dari rumah, dikutip dari berbagai sumber.

1. Garam

Ya, kamu hanya cukup bermodalkan dengan garam yang dicampur dengan tepung dan semen putih. Campuran tersebut ampuh untuk membuat tikus terusir dari rumah bahkan mati.

2. Bawang Putih

Selain garam, kamu juga menggunakan bahan alami lainnya seperti bawang putih untuk mengusir tikus. Caranya, bungkus bawang putih dengan kain kasa. Setelah dibungkus, letakkan bawang putih tersebut ke daerah yang sering dihampiri tikus.

3. Cengkeh

Tikus tidak suka dengan aroma cengkeh yang kuat, oleh karenanya bahan alami ini cukup ampuh untuk mengusir tikus dalam rumah. Caranya, pertama keringkan cengkeh, lalu bungkus dengan kain kasa dan letakkan di tempat yang sering didatangi tikus.

Baca Juga: Begini Cara Ampuh Mengusir Tikus dari Rumah, Salah Satunya Pakai Garam
Sadar Tidak, Jika Unggas Ternyata Tidak Memiliki Penis? Begini Penjelasannya

4. Kulit Telur

Jangan dibuang jika ada sisa kulit telur dirumahmu. Pasalnya kulit telur bisa digunakan untuk mengusir tikus di dalam rumah. Caranya cukup mudah, pertama giling kulit telur menjadi serbuk, lalu taburkan ramuan tersebut di tempat yang sering didatangi tikus.

5. Kantung Teh Bekas

Kantung teh bekas mampu mengusir tikus dari rumah, caranya letakkan kantung teh tersebut ke sarang tikus yang membuat mereka mati. Pasalnya, peppermint dalam kantung teh bisa menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

Video Terkait