Kenapa Harimau Memiliki Belang pada Tubuhnya? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi harimau. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 29 September 2021 | 10:00 WIB

Sariagri - Berbicara soal harimau mungkin yang ada dalam benak Sobat Agri adalah hewan predator yang sangat buas. Namun, pernahkah  kamu berpikir kenapa hewan yang berada dalam puncak rantai makanan ini memiliki belang di tubuhnya?

Sejatinya, harimau merupakan jenis kucing yang berkarakter penyendiri. Mereka predator pemangsa yang pintar bersembunyi dan berkamuflase dalam bertahan hidup di habitatnya. Nah, belang di tubuhnya inilah yang berfungsi membantu harimau bersembunyi di pohon atau rerumputan tinggi.

Rusa, kerbau atau satwa lain tidak bisa melihat banyak warna atau buta warna yang akan menjadi santapan bagi para harimau. Karena itu, saat berburu, harimau akan terbantu dengan pandangan mangsanya yang buruk.

Lantas, apa yang menyebabkan munculnya belang di tubuh harimau?

Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh Assistant Professor di Zoological Medicine University of Tennessee, Andrew Cushing bahwa belang yang ada di tubuh hewan yang bernama ilmiah panthera tigris ini merupakan hasil evolusi.

Garis atau belang vertikal yang mereka punya dalam warna cokelat hingga hitam merupakan contoh dari apa yang disebut sebagai gangguan pewarnaan.

Uniknya, setelah penelitian lebih lanjut, bentuk belang di tubuh harimau tidak ada yang sama pada 6 spesies harimau. Misalnya saja belang pada Harimau Sumatera, memiliki belang yang lebih kecil dan banyak ketimbang yang lainnya. Bahkan garis pada tubuh harimau ini layaknya sidik jari manusia.

Hal itu juga mempermudah para peneliti mengidentifikasi dan menghitung jumlah harimau di alam liar lewat pola belang yang berbeda antara satu dan lainnya. Hingga saat ini, para peneliti memperkirakan ada 3.400 harimau liar di seluruh Asia.

Lalu, bagaimana dengan belang pada harimau putih?

Andrew Cushing mengungkapkan warna putih pada tubuh harimau disebabkan oleh mutasi genetik yang dibawa oleh induk dengan gen langka. Oya, perlu kamu tahu ya, jika hanya ada sedikit loh harimau putih di alam liar.

Baca Juga: Kenapa Harimau Memiliki Belang pada Tubuhnya? Ini Penjelasan Ahli
Geger! Pria Ini Nekat Simpan Bangkai Harimau Seberat 160 Kg di Lemari Es

Di alam liar sendiri harimau putih akan terlihat lebih menonjol ketimbang harimau yang memiliki belang berwarna oranye. Bahkan, karena kelainan gen tersebut harimau putih jadi kesulitan dalam bertahan hidup.

Terakhir kali harimau putih terlihat di alam liar itu sekitar 60 tahun yang lalu. Karena hal tersebutlah, harimau putih lebih sering dijumpai di penangkaran untuk kebutuhan penelitian atau pariwisata.

 

Video Terkait